Pemerintahan

Pasang Baru PDAM Sudah Murah, Bisakah Dipercepat? Ini Jawabannya

99
×

Pasang Baru PDAM Sudah Murah, Bisakah Dipercepat? Ini Jawabannya

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Mungkin banyak yang pesimis bahwa PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bisa mewujudkan Pasang Sambungan Baru (PSB) yang murah dan cepat, padahal kini program murah sudah berhasil diwujudkan melalui program Gebyar Diskon Pasang Baru periode pendaftaran 2 April 2019 s.d 31 Desember 2019.

Hal ini disampaikan Ir.Mujiaman Direktur Utama PDAM Surabaya, bahwa biaya Pasang Baru Gebyar Diskon ini menyesuaikan dengan daya listrik calon pelanggan, mulai dari dua ratus ribu rupiah untuk daya listrik 450watt s.d satu juta rupiah untuk daya listrik 2200watt.

Keberhasilan program diskon ditandai dengan melonjaknya jumlah pendaftar sebanyak kurang lebih 14.000 Sambungan Rumah (data s.d akhir Agustus 2019). Pengalaman PDAM selama 5 tahun terakhir rata-rata sebanyak 8.900 pasang baru pertahun. Kecepatan pendaftaran saat ini sekitar 100 pendaftar/hari.

“Sangat mungkin sampai dengan akhir tahun 2019 jumlah pendaftar mencapai 20.000 SR,” ujar Ir.Mujiaman . Jumat (30/08/2019)

Antusiasme calon pelanggan dalam waktu singkat menyebabkan PSB menumpuk, Ir. Mujiaman beserta jajaran Direksi dan Manajemen memeras tenaga dan pikiran untuk memberdayakan sumber daya yang ada di Perusahaan untuk upaya percepatan PSB.

Mendasar hasil kalkulasi dan analisis untuk percepatan PSB, Dirut optimis dan yakin bahwa dengan adanya pemangkasan prosedur dan penambahan personil untuk pasang baru, setiap calon pelanggan akan selesai disurvei dan jadi RAB (Rencana Anggaran Biaya) PSB dalam waktu 3 minggu. Setelah pelanggan membayar RAB, waktu antri pasang baru kurang lebih sekitar 1 bulan.

Pemangkasan prosedur yang dilakukan dan telah berhasil mempercepat waktu tunggu daftar PSB antara lain adalah melalui digitalisasi pengisian data PSB, efisiensi jam kerja petugas survei dan otomatisasi penghitungan RAB.

“Sampai hari ini masih ada kendala sekitar 1000 orang calon pelanggan yang sudah disurvei namun belum bisa membayar karena berbagai alasan. Manajemen akan mencari terobosan dan segera mengumumkan data 1000 calon pelanggan tersebut ke media sosial dan website PDAM.” pungkas Mujiaman. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *