Jumat, 08 September 2017 17:02

Jakarta Terapkan Perda Wajib Miliki Garasi, Bagaimana dengan Surabaya?

Rate this item
(0 votes)

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Untuk mengurangi kepadatan jalanan di Ibu Kota, DKI Jakarta mulai menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang wajib memiliki garasi sebelum membeli kendaraan.

Bahkan, akan dilakukan penerapan sanksi derek kepada mereka yang memarkirkan kendaraan di bahu jalan telah dilaksanakan.
 
Ternyata Perda ini dinilai menarik dan bagus oleh Tranggono Wahyu Wibowo Kepala UPT Parkir Tepi Jalan Dishub Kota Surabaya, karena bisa mendorong rasa tanggung jawab para pemilik kendaraan.

“Aturan itu bagus, dan saya juga tertarik untuk diterapkan di Kota Surabaya, karena pemilik kendaraan ya harus bertanggungjawab dengan kendaraannya sendiri, jangan sampai mengganggu fasilitas umum,” ucapnya kepada Suarapubliknews.net. Jumat (8/9/2017)

Namun Tranggono menyampaikan jika Kota Surabaya masih belum punya aturannya, karena yang ada hanya mengatur soal amdal lahan parkir untuk bangunan-bangunan yang dijadikan tempat usaha.

“Di aturan kita amdalnya (lahan parkir) baru menyangkut untuk bangunan-bangunan usaha, sementara untuk perumahan belum ada, apalagi untuk rumah tinggal, makan silahkan sampaikan wacana ini ke Legeslatif,” tambahnya.

Untuk diketahui, (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 DKI Jakarta ini memuat aturan bahwa semua orang atau badan usaha yang membeli kendaraan bermotor wajib memiliki garasi dengan dibuktikan melalui surat kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

Surat kepemilikan garasi ini, menjadi salah satu syarat untuk menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). (q cox)

Ayo share berita ini:

Submit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to Twitter
Read 107 times