Nasional

Pemkab Tanbu Peringati Nuzulul Qur’an Sekaligus Manaqib Siti Fatimah

19
×

Pemkab Tanbu Peringati Nuzulul Qur’an Sekaligus Manaqib Siti Fatimah

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) –Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanah Bumbu) memperingati malam Nuzulul Qu’ran sekaligus pembacaan Manaqib Siti Fatimah Az Zahra di Pondok Pesantren Datuk Kelampaian Kecamatan Kusan Hilir.

Peringatan itu digelar usai melaksanakan sholat Tarawih bersama, dihadiri Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dan Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, serta jajaran para pejabat di lingkup Pemkab Tanbu.

Tak hanya pembacaan Manaqib, namun pengasuh Pondok Pesantren KH.Abdul Gafar, juga mengisi dengan Tausyiah yang disampaikan oleh Ustad Das at Latief asal Kota Makassar.

Dalam Tausyiahnya, Das at Latief mengajak para Jamaah yang hadir untuk memaknai peringatan Nuzulul  Al Qur’an sekaligus mengingat kembali dikala Nabi Muhammad SAW menerima Ayat pertama surah Iqro melalui malaikat Jibril.

Dikatakannnya, Surah Al Iqra bermakna “Baca” dan menggambarkan sesuatu ibadah harus dimulai dengan ilmu pengetahuan. Baik ibadah sholat, ibadah puasa dan ibadah lainnya.

“Percuma aja rajin puasa, rajin sholat dan ibadah haji tapi tak didasari ilmu maka itu akan sia sia jadinya,” kata Das at. Senin Malam (12/06).

Dalam kesempatan itu, Ustad kondang yang kerap mengisi Damai Indonesiaku di salah satu tv swasta nasional ini juga menuturkan bahwa ilmu pengetahuan lebih berharga dari harta.

Landasan dari semua itu lanjutnya adalah Al Qur an. Kerena Al Quran adalah obat sekaligus   rujukan dalam hidup. Terutama mengatasi dalam persoalan kehidupan.

“Selagi menjadikan Al Qur’an sebagai rujukan hidup maka perbanyaklah membaca Al Qur’an  dan perbanyak iqtikap dalam memanfaatkan akhir bulan Ramadahan  maka hidup akan terasa tenang. Begitulah keistimewaannya Al Qur’an,” paparnya.

Sementara itu, peringatan ini sekaligus rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Tanah Bumbu. Ditandai dengan penyerahan simbolis  2000 buah Al Qur’an dari PT BIB melalui Bupati Tanbu dan Wabup Tanbu di Pondok Pesantren tersebut.

Sebelumnya dilakukan Buka puasa bersama masyarakat Desa Pakatelu Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam bukber itu acara ditandai penyerahan Alsintan dan benih unggul dari Bupati Tanah Bumbu kepada petani setempat. Kemudian penyerahan sembako kepada masyarakat  melalui Wakil Ketua TP PKK Tanbu H. Sadariah Sudian Noor.(q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *