Peringati 23 Tahun Sister’s City, Wali Kota Busan Korea Kunjungi Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Tidak terasa, ternyata kerjasama antar kota dengan tajuk “Sister’s City” antara Pemkot Surabaya dengan Pemerintah Kota Metropolitan Busan Korea Selatan telah berjalan selama 23 tahun, tepatnya sejak tahun 1994.

Kedatangan Mr. Suh Byung-Soo Wali Kota Busan Korea Selatan bersama rombongan disambut oleh Sekkota Hendro Gunawan yang didampingi sejumlah asisten, karena posisi Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dikabarkan masih berada di San Fransisco.

Kepada wartawan, Suh Byung-Soo mengatakan jika dirinya merasa beruntung sekaligus merasa nyaman bisa bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, terutama bisa mengenal lebih jauh sosok Tri Rismaharini sebagai Wali Kota nya.

“Saat ini adalah peringatan kerjasama yang ke 23 tahun dengan Surabaya, sejak menjabat sebagai wali kota di busan tahun 2014, kami sangat merasakan kerjasama yang sangat baik dengan Wali Kota Surabaya (Tri Rismaharini-red), dan ini merupakan perayaan kerjasama yang telah terbangun selama puluhan tahun,” ucapnya dalam bahasa Korea yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Rabu (15/2/2017)

Tidak hanya itu, Suh Byung-Soo juga mengakui jika kerjasama yang dibangun dengan Kota Surabaya ini tidak hanya antar pemerintah kota, tetapi juga antar penduduknya.

“Surabaya dan Busan sudah terbangun kerjasama yang baik, tidak hanya antar kota, tetapi juga antar penduduknya,” akunya.

Nemun demikian, Suh Byung-Soo juga menjelaskan jika dirinya memiliki agenda lain yakni penandatangan kerjasama dengan IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia), terkait supply material pembangunan kapal.

“Nanti kami akan akan menandatangani MoU dengan Perindo di salah satu hotel terkait supply metrial untuk pembangunan kapal, jadi materialnya dari Kota Busan,” katanya.

Terkait program terbarunya, Suh Byung-Soo menjelaskan jika Kota Busan akan membangun culture house untuk 10 negara yang tergabung dalam Asean, termasuk Surabaya-Indonesia.

Saat ditanya kesannya terhadap Kota Surabaya saat ini, Suh Byung-Soo mengakui jika wilayah Kota Surabaya sudah menjadi kota yang besar dan indah.

“Surabaya adalah kota yang besar dan indah, tadi saya sempat keliling, bahkan saat masih dipesawat saya melihatnya dari jendela, kota Surabaya terlihat hijau, dan kami sangat yakin dengan keinginan yang kuat dari Tri Rismaharini sebagai Wali Kota, Kota Surabaya akan mampu menjadikan kota yang lebih baik,” pungkasnya. (q cox)

Reply