Peringati Hari Habitat, Warga Stren Kali Larung Sesaji

Untuk memperingati Hari Habitat Internasional, ratusan warga strenkali Surabaya gelar larung sesaji, Minggu (6/10/2013).

SURABAYA (SPNews) – Larung sesaji dan tebar benih ikan itu, digelar di sepanjang strenkali Jalan Joyoboyo. Warga dari 16 kampung strenkali, diantaranya Kampung Baru, Bratang Tangkis, Barata Jaya, Medokan Semampir, Gunung Sari dan Kebraon, terlihat berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Gatot Subroto Wakil Sekjen Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya mengatakan, agenda yang digelar itu, sebagai agenda tahunan yang sudah digelar mulai 2003 lalu.

Diharapkan dengan agenda itu, warga strenkali Surabaya bisa lebih menjaga lingkungannya, khususnya dalam menjaga kondisi Kali Surabaya, yang ada di pinggir rumah mereka.

“Dengan partisipasi warga strenkali yang punya konsep jogo kali, diharapkan Kondisi Kali Surabaya tetap baik dan tidak terjadi penurunan kualitas air, sehingga warga strenkali tidak selalu disalahkan, kalau kondisi air Kali Surabaya memburuk,” kata Gatot.

Larung sesaji dan tebar benih ikan di Kali Surabaya itu, merupakan bagian dari aksi bersama, yang rencananya Senin (7/10/2013), juga digelar di beberapa daerah lain, diantaranya Jakarta, Lampung, Makassar dan Kendari, dalam peringatan Hari Habitat Internasional, yang diperingati setiap Senin pertama di Bulan Oktober.

Peringatan Hari Habitat Internasional itu, juga bentuk sindiran dan desakan pada pemerintah, untuk bisa menyediakan pemukiman dan lingkungan yang layak untuk warganya.(q cox,KJPL)

Reply