Selasa, 12 September 2017 20:53

Terkait Rekom PDIP di Jatim, Airlangga Pribadi: Harus Pertimbangkan Kader Handal-nya

Rate this item
(0 votes)

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Beberapa saat yang lalu salah satu televisi swasta di Kota Surabaya menggelar dialog politik dengan pembicara Airlangga Pribadi pengamat politik Unair Surabaya dan Kusnadi ketua DPD PDIP Jatim.

Materinya, berusaha memberikan tafsiran soal kunjungan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri dalam acara konsolidasi partai di Kota Malang, dan Surabaya dan keterlibatan sejumlah tokoh di Jatim dalam perspektif politik.

Menurut Airlangga Pribadi Kusman pengamat politik Unair Surabaya, untuk wilayah Jatim, PDIP layak untuk diperebutkan, sehingga rekomendasinya untuk Pilgub juga sangat ditunggu oleh masyarakat.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini melihat, jika kunjungan Megawati ke Jatim adalah merupakan langkah seorang negarawan dalam upayanya mencairkan kondisi politik, dengan cara menyapa semua tokoh

“Memang tidak ada pembicaraan politik di dalamnya, tetapi Ini adalah bagian dari komunikasi politik Bu Mega, sementara kualitas pembicaraan politik itu biasanya justru muncul pada saat konteksnya di luar politik,” ucapnya. Selasa (12/9/2017)

Menurut dia, sepertinya Bu Mega itu sudah mengerti medan politik di Jatim ini, artinya sebelum memilih beliau harus mencairkan kondisi politiknya dulu, demi masa depan Jatim.

“Artinya, bicara soal kapasitasnya sebagai negarawan, dan ini juga menunjukkan kesabaran beliau dalam berpolitik,” tambahnya.

Direktur Centre of Statecraft and Citizenship Studies, Universitas Airlangga ini berpendapat jika PDIP Jatim memiliki banyak kader yang cukup handal, terutama yang saat ini menjabat sebagai kepala daerah.

“Ini harus menjadi pertimbangan PDIP dalam mengambil keputusan rekomendasi Pilgub Jatim, seperti Bu Risma, Pak Anas, Pak Kanang termasuk Pak Kusnadi, dan yang lainnya,” tandasnya. (q cox)



Ayo share berita ini:

Submit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to Twitter
Read 142 times