Persebun Bunati Juarai Turnamen Sepak Bola Bupati Cup Tanbu 2019

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Turnamen sepak bola Bupati Cup tahun 2019 diikuti oleh 30 Club dan diakhiri pertandingan final antara Persebun Bunati dengan Garuda FC Kotabaru yang berujung adu finalti dengan skor 5-3 untuk kemenangan Persebun Bunati.

Sedangkan untuk juara 3 diraih oleh 2 keseblasan yakni keseblasan RSUD Tanbu dan Persekab.

Pertandingan final ini seiring dengan berakhirnya pelaksanaan pesta adat Mappanre Ri Tasi Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Sabtu (4/5/2019).

Turnamen piala Bupati Cup ini memang dilaksanakan setiap tahun yang waktunya bersamaan dengan pelaksanaan pesta adat Mappanre Ri Tasi yang dilaksanakan pada bulan april.

Kesebelasan yang berjasil menjadi juara mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan sesuai tingkatan. Untuk juara pertama mendapatkan dana pembinaan senilai Rp.10 Juta ditambah Piala juara dan Piala bergilir Bupati Cup.

Sedangkan untuk juara 2 meraih uang tunai Rp.7,5 Juta plus piala juara dan untuk juara 3 masing-masing mendapatkan dana pembinaan senilai Rp.5 Juta ditambah piala juara.

Menurut Ketua panitia M. Zailani Malik, anggaran dana pelaksanaan kegiatan ini diperoleh dari bantuan KONI sebesar Rp 75 juta sedangkan pendapatan lainnya diperoleh dari uang pendaftaran sebanyak Rp 28 juta. Sehingga jumlah pendapatan menjadi Rp 103 Juta.

“Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal (20/4/19) hingga hari ini Sabtu (4/5/19) menghabiskan anggaran Rp 101 juta. dengan demikian panitia masih memiliki saldo Rp 2 juta,” ujar Zailani

Menanggai laporan ketua panitia, M. Syarifuddin, SE yang hadir mewakili Ketua KINI sempat menilai bahwa laporan penggunaan dana yang disampaikan ketua panitia turnamen Bupati Cup 2019, belum sepenuhnya transparan.

“Mestinya ketua panitia menyampaikan laporan sesuai dengan rinciannya. Tadi sudah transparan sih, tapi alangkah baiknya lebih transparan lagi agar masyarakat tau bahwa anggaran yang digunakan benar -benar sesuai porsinya, itu yang diharapkan oleh masyarakat,” cetus Bang Dhin nama panggilan tenar anggota DPRD Tanbu sekaligus caleg terpilih ditingkat 1 Propinsi Kalsel ini.

Menyampaikan sambutan Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Kabid Pemuda dan Olahraga Disporapar Tanbu, Sukandar mengatakan bahwa ada hal yang sangat penting yang perlu dipetik dari kegiatan Event Bupati CUP ini.

Dikatakan oleh Sukandar, dalam rangka upaya meningkatkan dan mengembangkan bidang olahraga khususnya dibidang sepakbola yakni semangat berkompetisi, sportifitas dan profesional guna melahirkan bibit – bibit muda yang dapat dipromosikan pada turnamen- turnamen mendatang.

Masih Sukandar, semangat kompetisi inilah yang akan mampu melahirkan bibit – bibit pemain sepakbola yang handal berbakat dan berkualitas sehingga dengan demikian Tanbu akan memiliki klub sepak bola yang akan mengharumkan nama baik Kabupaten Tanah Bumbu dimasa – masa yang akan datang.

“Dengan berakhirnya turnamen sepak bola ini saya menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah berhasil meraih juara, dan kepada yang belum berhasil janganlah kecewa namun teruslah berlatih dan jadikanlah momentum ini sebagai motivasi agar suatu saat kalian akan mampu bersaing di even – even mendatang,” tutupnya. (q cox, Imran)

Reply