Jatim Raya

PLN Sinergi Kodam V Brawijaya Terangi Pelosok Negeri

14
×

PLN Sinergi Kodam V Brawijaya Terangi Pelosok Negeri

Sebarkan artikel ini

JOMBANG (Suarapubliknews.net) – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur bersinergi dengan KODAM V/Brawijaya menerangi Dusun Kedung Dendeng , Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan di Kabupaten Jombang.

General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Dwi Kusnanto mengatakan Jipurapah dapat dikatakan desa dengan kondisi yang ekstrim di Jombang yang berhasil ditembus oleh jaringan listrik PLN.

“Semoga usaha serta ikhtiar PLN dan TNI mendukung kelistrikan di Desa Jipurapah ini membawa kebaikan yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat,” katanya

PLN, sebagaimana dikatakan Dwi Kusnanto, akan terus berupaya keras untuk dapat melistriki daerah-daerah terpencil dan terisolir, seperti yang berada di daerah dengan medan yang berat.

Keberhasilan PLN Distribusi Jawa Timur untuk melistriki daerah-daerah yang terpelosok dan terisolir, bukan saja akan berdampak pada peningkatan Rasio Elektrifikasi di Provinsi Jawa Timur, melainkan yang lebih penting lagi ketersediaan listrik dipastikan akan membawa perubahan yang mendasar pada kehidupan social dan ekonomi masyarakat.

“Ini akan menjadi wujud nyata dari Listrik yang berkeadilan dan benar-benar bisa dirasakan oleh semua masyarakat,” tambahnya.

Untuk mencapai Desa Jipurapah bukan perkara mudah, harus menaiki jalan setapak dengan kemiringan yang lumayan membuat jantung berdebar saat perjalanan. Melalui ruas jalan yang sempit, berbatuan dan menanjak, medan terasa lebih sulit saat musim hujan dengan tanah yang becek dan liat sepanjang sisi kiri dan kanan jalan hingga membutuhkan perjalanan 1 jam menggunakan sepeda motor.

Menghadapi kondisi geografis yang tidak mudah, tidak menyurutkan tekad dan semangat PLN untuk menarik jaringan listrik ke desa yang dihuni oleh total 205 pelanggan, dari Dusun Kedung Dendeng 147 pelanggan dan Dusun Rampah Ombo 58 pelanggan tersebut.

PLN memasang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 9.990 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3.852 Kms dan 3 trafo dengan kapasitas masing -masing 250 kVA.

Peresmian pengoperasian jaringan distribusi tenaga listrik 20 kV/220V dilakukan oleh General Manager PLN Distribusi Jawa Timur bersama dengan General Manager PLN Transmisi Jawa Timur Bali, Sumaryadi, Panglima Kodam V/ Brawijaya yang diwakili Kasdam V Brawijaya, Brigjend TNI Widodo dan Bupati Jombang, Dr Ec H. Nyono Suharli Wihandoko yang ditandai dengan menghidupkan Mini Circuit Breaker (MCB) dan pengisian pulsa listrik di salah satu rumah pelanggan di desa tersebut.

Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh Camat Plandaan, tokoh agama, tokoh masyarakat Kecamatan Plandaan yang sama, juga diserahkan bantuan program bina lingkungan sebesar Rp 110 Juta untuk MCK, tandon air dan lampu penerangan umum serta sarana dan prasarana ibadah. (q cox, Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *