Jatim Raya

Puti G Soekarno Dapat Mandat Dari Tokoh Reog Ponorogo

23
×

Puti G Soekarno Dapat Mandat Dari Tokoh Reog Ponorogo

Sebarkan artikel ini

PONOROGO (Suarapubliknews.net) – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno, terus bergerak di  Mataraman untuk memperkuat arus dukungan di wilayah tersebut. Selesai dari Trenggalek dan Pacitan, kandidat nomor 2 itu melakukan kampanye di Ponorogo, Rabu (4/4/2018).

Di Ponorogo, Puti Guntur disambut kesenian Reog. Itu terjadi tiga kali. Saat panen durian di Agro Wisata Kampung Durian, Desa Ngrogung, Ngebel. Lalu ketika panen padi bersama petani di Desa Pondok, Babadan.

Penyambutan Reog Ponorogo juga dilakukan di Rapat Kerja PDI Perjuangan (PDIP) Ponorogo di Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung. Di pertemuan itu, seorang tokoh Reog Ponorogo menitipkan mandat pelestarian kesenian tradisional itu pada Puti Guntur dan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Seorang warok itu bicara apa adanya. Ceplas-ceplos. Mbak Puti ini perempuan berani, tegas, dan mempunyai aura yang kuat menjadi seorang pemimpin. Karena berwibawa dan berani seperti Bung Karno, kakeknya,” kata Mbah Pornomo.

Pada Gus Ipul dan Puti Guntur, jika terpilih dalam Pilkada Jawa Timur, Purnomo menitipkan nasib reog Ponorogo. “Reog ini kesenian yang tersebar di mana-mana. Bahkan sampai luar negeri. Sampai-sampai ada negara yang mengaku-aku memiliki kesenian Reog yang asalnya dari Ponorogo,” kata Purnomo.

“Jadi Mbak Puti, tolong kesenian Reog ini dilindungi dan dilestarikan. Jangan sampai punah. Jangan sampai diambil negara lain,” kata dia lagi.

Cucu Bung Karno itu menyanggupi mandat yang diberikan untuk Gus Ipul dan dirinya itu. “Ini tugas kami untuk melindungi, menjaga dan melestarikan kesenian yang lahir dan hidup di Jawa Timur,” kata Puti.

Mantan anggota DPR RI itu mengakui eksistensi Reog Ponorogo. Di banyak daerah di Jawa Timur, banyak muncul grup-grup reog. “Bahkan sampai ke manca negara pun kenal dan memelihara kesenian reog. Semoga ke depan Reog Ponorogo semakin tumbuh kuat sebagai bagian dari jati diri bangsa,” kata Puti.

Di Ponorogo, Puti Guntur juga melakukan panen padi bersama petani. Ia juga berkunjung ke Kantor PD Aisyiyah Ponorogo, silaturahmi ke Kantor PKB, dan membekali calon-calon saksi dari PDIP.

Selesai dari Ponorogo, Cawagub Puti Guntur Soekarno melanjutkan ke Madiun dan Magetan. Dia dijadwalkan bertemu dengan tokoh-tokoh seniman dan kegiatan ke segmen-segmen masyarakat. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *