Jatim Raya

Raden Panji dan Putri Candra Kirana Meriahkan Pekan Budaya Pariwisata Kabupaten Kediri

108
×

Raden Panji dan Putri Candra Kirana Meriahkan Pekan Budaya Pariwisata Kabupaten Kediri

Sebarkan artikel ini

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar acara tahunan dengan tajuk “Pekan Budaya dan Pariwisata 2018” yang lengkapi dengan parade mobil hias. Minggu (8/7/218).

Salah satu pesertanya adalah PT Gudang Garam Tbk yang menampilkan cerita rakyat tentang Raden Panji Asmara Bangun dari Kerajaan Jenggala dan Putri Candrakirana (Dewi Sekartaji) dari Kerajaan Daha atau Kediri.

Raden Panji dipercaya sebagai titisan Dewa Wisnu, sedang Dewi Sekartaji titisan dari Dewi Sri. Penyatuan Panji dan Sekartaji, sebagai bentuk penyatuan pria dan wanita yang menghasilkan kesuburan atau keturunan, dijadikan simbol kesuburan padi.

“Satu kehormatan bagi kami ikut memeriahkan Parade Mobil Hias dalam rangka Perayaan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018,” ucap Kabid Humas PT Gudang Garam Tbk, Iwhan Tri Cahyono. Minggu, (8/7/2018).

Dengan melibatkan puluhan personel dari berbagai lembaga di internal PT Gudang Garam Tbk, kontingen ini menjanjikan kemegahan sekaligus keindahan dalam parade Pekan Budaya dan Pariwisata tersebut.

“Ini juga sebagai suatu salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan ikut berpartisipasi dalam Pekan Budaya dan Pariwisata 2018, memajukan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kediri,” imbuh Iwhan.

Menurut Iwhan, hal itu bukan hanya tercermin dari kendaraan yang ditampilkan. Akan tetapi, juga dari para talent yang mewakili karakter-karakter dalam sebuah kerajaan. Mulai sang Raden Panji, Putri Sekartaji hingga para prajurit dan abdi.

“Kontingen Raden Panji dan Dewi Sekartaji ini akan menempuh rute yang sudah disiapkan panitia berawal, Start dari depan kantor Pemkab Kediri, Jl. Soekarno Hatta, menuju ke area Monumen Simpang Lima Gumul.” tuturnya. (q cox, Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *