Rakercab Pemuda Pancasila Kota Surabaya Hasilkan Rekomendasi Internal dan Khusus

Rekomendasi Internal MPC Pemuda Pancasila Kota Surabaya:

1. Setelah mencermati perkembangan dunia hukum dan sosial politik di Jawa Timur, yang sering dijadikan sebagai alat bagi pihak tertentu, maka Pemuda Pancasila Kota Surabaya, melalui Lembaga Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (LPPH) Pemuda Pancasila Kota Surabaya, memandang perlu untuk melakukan Investigasi dan bedah kasus tentang penegakan hukum yang harus terbebas dari campur tangan kepentingan apapun, baik politik maupun bisnis. Sehingga tindakan yang menekan melalui pembentukan opini baik secara lisan maupun tulisan, baik secara langsung maupun melalui media massa untuk mengkriminalisasikan seseorang harus segera dihentikan.

2. Dengan maraknya issu untuk mengkriminalisasikan seseorang maka Pemuda Pancasila Kota Surabaya menduga telah ada pihak-pihak yang berusaha mempengaruhi penegak hukum untuk menjadikan seseorang sebagai Tersangka dalam sebuah kasus dengan melakukan lobi-lobi politik, menggunakan perangkat negara dan aparat penegak hukum untuk menyudutkan seseorang, bahkan membunuh karakter seseorang dengan media massa, maka Pemuda Pancasila Kota Surabaya melalui Lembaga Komando Inti Mahatidana memandang perlu membentuk Team Intelijen untuk mengusut pihak- pihak yang dapat merusak atau mengacak- acak Stabilitas Keamanan di Kota Surabaya, dan Team Intelijen Koti Mahatidana Pemuda Pancasila Kota Surabaya tetap melakukan koordinasi dengan TNI/ POLRI untuk meningkatkan KANTIBMAS di Kota Surabaya.

3. Bahwa maraknya pemberitaan melalui media, baik media cetak maupun media elektronik, yang memberitakan peristiwa seseorang dan opini wartawan tanpa melalui Cek in Rhecek serta tidak tunduk dan patuh pada pasal 5 ayat (1) UU Pers, terlebih lagi tidak menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta “asas praduga tidak bersalah.” dalam menyiarkan/ memberitakan informasi yang terkesan menghakimi atau membuat kesimpulan kesalahan seseorang, dimana kasus tersebut masih dalam proses peradilan, maka Pemuda Pancasila Kota Surabaya akan melakukan tindakan tegas terhadap media yang telah melanggar Undang- Undang Pers dengan tetap berkoordinasi dengan Dewan Pers. Persatuan Wartawan Indonesia.

4. Bilamana ada Penegak Hukum sudah melacurkan diri pada kepentingan seseorang atau kelompok tertentu, serta tidak menjunjung tinggi hak individu dan kebebasan seseorang telah diinjak-injak atau dihilangkan dengan semena-mena, hanya sekedar memenuhi “pesanan” atau “titipan” seseorang agar penegak hukum melakukan sesuatu yang dapat menyita kebebasan orang tersebut, maka hal demikian adalah sebuah bentuk penghianatan amanah dan kefasikan yang nyata. Maka kami Pemuda Pancasila Kota Surabaya telah siap di barisan terdepan untuk memberantas tindakan-tindakan tersebut.

5. Issu disintregasi bangsa yang menyusup dalam berbagai bentuk pada ranah ekonomi, pendidikan dan kesehatan di Kota Surabaya ini, merupakan ancaman laten yang perlu mendapat tindak lanjut setiap anak bangsa. Dengan demikian Pemuda Pancasila Kota Surabaya, mendesak Pemerintah Kota Surabaya untuk aktif dan peduli terhadap ancaman tersebut.

Rekomendasi Khusus, MPC Pemuda Pancasila Kota Surabaya :

1. Bahwa Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Surabaya, mengambil peran aktif dalam pengawasan dan kebijakan yang menyangkut kepentingan Publik Masyarakat Kota Surabaya

2. Bahwa Keluarga Besar Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Surabaya, mendorong dan mendukung sepenuhnya Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Surabaya “H. HARIES PURWOKO” untuk maju dalam Pilkada Kota Surabaya Tahun 2015 sebagai Walikota Surabaya.

Penutup

Keberhasilan dalam Pelaksanaan Rekomendasi  ini tergantung pada niat tulus, partisipasi, sikap, mental, ketaatan, semangat dan disiplin seluruh anggota, kader, Keluarga Besar MPC. PEMUDA PANCASILA Kota Surabaya untuk berperan sesuai potensi, kemampuan dan tugas masing-masing dalam suasana kerjasama dan kebersamaan yang berkualitas dan demokratis, dilandasi kesadaran dan tanggung jawab untuk menghadapi tantangan dan tuntutan masa depan bangsa.

Sumber : Samsurin ketua panitia RAKERCAB PP Kota Surabaya 2015

Reply