Sajikan Kekhasan Kuliner Negeri Matador, El Churro Café Hadir di Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Tak banyak restoran yang menyajikan makanan khas Eropa Timur di Indonesia, khususnya di Surabaya. El Churro Café  hadir dengan mengusung cita rasa kuliner otentik Spanyol.

Owner El Churro Café, Salim Basalamah mengatakan El Churro Café  menghadirkan alternatif lain dari makan negera-negara terkenal dunia yang sudah lebih dulu ada. Semisal Arab, Jepang, China, Korea terakhir Italia.

“Dan saya sengaja memilih Surabaya sebagai sentral resto El Churro, karena masyarakat Surabaya sudah bisa dikatakan stadar masyarakat kota-kota dunia lainnya. Hal itu terbukti kota Surabaya sebagai sister city kota-kota dunia,” katanya.

Optimisme Salim terhadap usaha barunya didasari oleh kegemaran masyarakat Surabaya yang senang mencoba makanan baru. Selain itu karakter antara masyarakat Surabaya dan Spanyol tidak jauh berbeda. Ramah dan sangat terbuka dengan siapapun.

El Churro sendiri diambil dari nama salah satu hidangan wajib di negara Matador itu, Churros (Spanish Doughnuts) – dibaca Churro – makanan ringan sejenis donat yang sangat populer di kota besar dunia saat ini. Yang membedakan dengan donat kebanyakan adalah  bentuknya memanjang dan bergerigi.

Kendatipun Churro dikatagorikan jenis makanan ringan tetapi bahan dasar terigu dengan olahan Spanyol membuat camilan ini mengenyangkan. Keistimewaan lain dari Churro bertektur lembut di bagian dalam dan chrunhcy pada bagian luarnya

Di negaranya, Churro juga biasa dipakai makan siang. Churro ukuran besar dibelah bagian tengah diisi dengan ayam, daging, buah, telur hingga sayuran menyerupai sandwich. Tidak itu saja. Churro juga dijadikan sajian teman minum kopi di pagi hari, sore hari maupun malam hari.

Tak hanya Churro, kafe yang terletak di Food Society, Pakuwon Mall ini juga menyajikan makanan khas Spanyol lainnya seperti Quesadilla, yang berbahan dasar keju dan tortilla. Satu tortila lunak dipakai sebagai alas kemudian diisi dengan berbagai macam olahan. Mulai ayam, daging hingga ikan atau sayuran yang dicampur ditutup dengan tortilla lainnya kemudian dipanggang.

Salim Basalamah menjelaskan, semua menu makanan dan minuman yang ditawarkan el Churro Cafe murni resep dari Spanyol, dengan brand name dari Australia. ‘’Semua resep yang dipergunakan 100% asli dari Spanyol. Semua bahan kualitas premium, dan bersertivikasi halal,’’ tambahnya.

Ke depan untuk mendekatkan Churro dengan masyrakat Surabaya, Salim akan mengembangkan sayap dengan membuka gerai-gerai kecil yang disebar di berbagai penjuru kota.  Barulah, setelah itu ekspansi dilakukan ke Jakarta dan Bali. (q cox, dn)

Reply