Sambut Arus Mudik, Bandara Juanda Buka 24 Jam

SIDOARJO (Suarapubliknews.net) – Posko Angkutan Lebaran Tahun 2018 resmi diselenggarakan di Bandara Internasional Juanda. Ini sesuai Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP. 643 Tahun 2018 tentang Tim Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2018 (1439H).

General Manager PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo mengatakan pengoperasian bandara selama 24 jam tersebut akan berlangsung pada 7 Juni sampai dengan 24 Juni 2018.

“Kami perkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-5 sampai H-6 Lebaran yaitu pada Jumat, 8 Juni 2018, dan Sabtu, 9 Juni 2018. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H plus 3 sampai dengan H plus 4 yaitu pada Selasa, 19 Juni 2018 dan Rabu, 20 Juni 2018,” katanya.

Heru berharap dalam penyelenggaraan Posko kali ini, diharapkan seluruh petugas memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpang. Selain itu, petugas juga diharapkan untuk turut serta mengawasi jalannya posko. Sehingga apabila terdapat hal yang tidak mencurigakan dapat segera dilaporkan.

“Ada dua posko yang kami siapkan. Satu posko berada di Terminal 1 atau terminal penumpang domestik, sedangkan satu posko lainnya berada di area Terminal 2 atau terminal penumpang internasional,” lanjut Heru.

Jumlah personil yang ditugaskan tiap shift pada Posko kali ini sejumlah 42 orang yang terdiri dari pegawai Angkasa Pura 1 dan instansi terkait seperti TNI, Otoritas Bandara, BMKG, dan lain sebagainya. Langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan penumpang yang diperkirakan sejumlah 2,5% dari tahun sebelumnya.

Kepala Otoritas Keamanan WILAYAH III, Dadun Kohar juga menekankan konsistensi penerapan SOP oleh para petugas. “Pengelola bandar udara menjamin kelancaran serta meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program Safety Security, Services dan Complience,” tegasnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply