Bisnis

Sampoerna Tingkatkan Daya Saing UKM Peretail Tradisional Dalam Pesta Retail Nasional

27
×

Sampoerna Tingkatkan Daya Saing UKM Peretail Tradisional Dalam Pesta Retail Nasional

Sebarkan artikel ini

TANGERANG (Suarapubliknews.net) – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) kembali menggelar Pesta Retail Nasional (PRN) yang mengusung tema “Ayo Maju, Ayo Bersama, Ayo Berbagi” dan menghadirkan 3.000 perwakilan SRC terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Urusan Komersial & Pengembangan Bisnis PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), Henny Susanto mengatakan kegiatan tahunan ini merupakan bentuk apresiasi dan wadah yang bertujuan memicu semangat produktivitas serta daya saing dan pengembangan usaha kecil menengah (UKM) khususnya peretail tradisional mitra Sampoerna yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC).

“Melalui payung program perusahaan ’Sampoerna untuk Indonesia’ kami secara konsisten mendukung pemerintah dalam membangun dasar ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UKM di Indonesia. Investasi jangka panjang Sampoerna berfokus pada program-program pemberdayaan yang memberikan dampak pada bagi pertumbuhan perekonomian bangsa dengan melakukan pendampingan terhadap pelaku retail tradisional,” katanya.

Program-program pendampingan UKM Sampoerna dilakukan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi. Secara simultan Sampoerna melakukan program pembinaan terhadap anggota SRC melalui edukasi penataan toko, strategi pemasaran, dan manajemen keuangan. Melalui ini, diharapkan para pelaku retail tradisional mampu berakselerasi dengan perubahan zaman, mandiri secara ekonomi, dan berkontribusi menyejahterakan komunitas sekitarnya.

Untuk memberikan edukasi melalui pengalaman nyata mengenai ekosistem komersial, PRN menampilkan replika toko retail tradisional dan simulasi pembinaan. Para peserta akan mendapat pengetahuan mengenai peran SRC dalam membangun sosial ekonomi dan keterlibatan semua lini untuk memperkuat jaringan komunitas SRC.

“Melalui tiga misi utama PRN, ‘Ayo Maju, Ayo Bersama, Ayo Berbagi’, Sampoerna senantiasa mengambil peran aktif yang memberikan dampak peningkatkan kualitas bagi mitra, anggota serta masyarakat luas,” lanjut Henny.

Bersamaan dengan kegiatan PRN, Sampoerna juga melakukan terobosan inovatif untuk memperkuat ekosistem komersialnya melalui pemanfaatan teknologi digital, yaitu dengan meluncurkan aplikasi ”Ayo SRC” untuk memudahkan akses para anggota SRC terhadap informasi mengenai pembinaan UKM dari Sampoerna.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Muhammad Rudy Salahuddin mengatakan besarnya potensi retail tradisional untuk terus berkembang memang harus didukung secara maksimal dengan terciptanya sinergi dari pemerintah dan sektor dunia usaha.

“Kami mengapresiasi inisiatif Sampoerna dalam mendampingi toko retail tradisional menghadapi tantangan, khususnya di era digitalisasi seperti sekarang ini. Sinergi pemerintah dengan sektor swasta yang memiliki keahlian dalam dunia retail seperti Sampoerna merupakan inisiatif yang tepat sasaran,” katanya.

Selain itu, SRC juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa video komitmen 9.000 anggota SRC untuk Indonesia, dimana mereka menyanyikan lagu ‘Bagimu Negeri’ sebagai simbol karya bakti SRC untuk ekonomi Indonesia.

“Perjalanan ke depan masih panjang. Kami berharap sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan terus berjalan, sehingga Sampoerna dapat terus merangkul lebih banyak lagi mitra retail tradisional untuk tumbuh dan maju bersama,” tutup Henny. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *