Jatim Raya

Satgas Pangan Sidoarjo Sidak Harga Sembako di Pasar Tradisional

9
×

Satgas Pangan Sidoarjo Sidak Harga Sembako di Pasar Tradisional

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Satgas Pangan yang terdiri dari Sat Reskrim Polresta Sidoarjo, Disperindag, Dinas Pertanian Sidoarjo dan Bulog turun pantau harga komoditi kebutuhan pokok selama Bulan Ramadan. Senin (13/5/2019) kemarin.

Satgas ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar yang berada di wilayah Kab Sidoarjo. Salahsatunya di Pasar Larangan untuk memantau langsung kondisi harga kebutuhan pokok.

Dari hasil pantauan media ini, harga komoditi berbagai kebutuhan bahan pokok masih relatif stabil dan stock dinilai masih mencukupi selama Bulan Ramadan hingga jelang Idul Fitri mendatang.

“Ada beberapa komoditi bahan pokok yang menjadi perhatian, diantaranya bawang putih, bawang merah, cabai merah, daging sapi, daging ayam, telur hingga ketersediaan beras di pasaran,” jelas Kompol Muhammad Harris selaku Ketua Satgas Pangan Sidoarjo.

Menurut Kompol Haris, untuk beberapa komoditi barang relatif stabil, sedangkan untuk bawang putih yang sempat harganya naik, kini sudah mulai turun.

Sementara untuk harga barang-barang lain semisal daging, telur, beras, harganya relatif stabil. Untuk stock ketersediaan selama ramadhan dirasa masih mencukupi.

”Kami akan menindak tegas dan tak akan kompromi, apabila ditemukan ada penimbunan harga kebutuhan pokok yang bisa sebabkan harganya melonjak tinggi. Diharapkan kejadian penimbunan stock utamanya di Kab Sidoarjo tidak terjadi dan stock kebutuhan bahan pokok aman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag, Drs Ec Tjarda MM mengatakan, kalau turunnya Satgas Pangan ini untuk memantau, untuk monitoring harga – harga kebutuhan pokok biar tetap aman dan stabil.

Menurut dia, Tim ini juga akan menindak tegas, bila ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab menimbun barang dengan tujuan untuk menaikan harganya.

”Dari hasil pantau tadi, harga-harga juga masih terkendili, aman dan stok barang masih tercukupi,” katanya.

Data harga yang tercatat di UPT Pengelolaan Pasar Sidoarjo, utamanya Pasar Larangan Sidoarjo tercatat bawang merah Rp25 ribu per kg, bawang putih biasa Rp38.400 per kg, bawang putih kating Rp48.400 per kg, cabai merah Rp28.400 per kg.

Kemudian untuk cabai rawit Rp19.400 per kg, daging sapi Rp100 ribu per kg, daging ayam Rp32.700 per kg, telur ayam ras Rp22.200 per kg, telur ayam kampung Rp3 ribu per biji, beras premium Rp10.500 hingga Rp12.000 per kg dan untuk beras medium Rp10 ribu hingga Rp11 ribu per kg. (q cox, NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *