Jatim Raya

Sisir Sungai Brantas, Gubernur Khofifah dan Ning Ita Kompak Soroti Sampah Popok

24
×

Sisir Sungai Brantas, Gubernur Khofifah dan Ning Ita Kompak Soroti Sampah Popok

Sebarkan artikel ini

MOJOKERTO (Suarapubliknews) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, menghadiri acara gerakan bersih sungai di Lapangan Mojokerto Kawasan Pariwisata (MKP), Minggu (3/11/2019) pagi.

Kegiatan yang dihadiri Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini, diharapkan dapat mengembalikan habitat ekosistem di Sungai Brantas yang selama ini dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Dalam gerakan bersih sungai, Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kota maupun Kabupaten Mojokerto untuk turut serta bertanggung jawab atas lingkungan sekitar. Terutama, dalam hal membuang sampah popok tidak lagi ke sungai. Sebab, pekerjaan rumah (PR) bagi Jawa Timur saat ini adalah bagaimana dapat menanggulangi sampah popok yang sering kali dibuang ke sungai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“PR terbesar Jawa Timur saat ini adalah bagaimana mengatasi sampah popok yang sering kali dibuang ke sungai. Padahal ditangan-tangan orang kreatif seperti Pak Satrio, sampah popok bisa dijadikan sebuah produk yang yang menghasilkan rupiah. Dimana PR menjadi RP, demontrasi menjadi demokreasi. Ini sungguh luar biasa,” katanya disela-sela kunjungan.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Kota Mojokerto Ning Ita, sapaan akrabnya, saat menghadiri acara Gerakan Bersih Sungai. Bagaimana dalam hal ini, Pemerintah Kota Mojokerto telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi sampah-sampah yang ada. Mulai dari mendaur ulang sampah sebagai kreasi unik yang bernilai rupiah. Hingga, menjadikan bantaran sungai sebagai wisata bahari yang dapat menarik perhatian wisatawan.

“Selama ini melalui Dinas Lingkungan Hidup, sampah yang ada di Kota Mojokerto telah dipilah dan dipilih. Mana yang bisa di-reuse, mana yang bisa di-recycle, semua sudah dilakukan. Banyak hasil dari kreasi ibu-ibu bank sampah, yang menjadikan limbah sebagai kreasi unik bernilai rupiah tinggi,” kata wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

“Selain itu, kami juga menyiapkan wisata bahari dengan mengubah perwajahan bantaran sungai sebagai spot istimewah yang bisa dikunjungi wisatawan saat ke Kota Mojokerto,” tambahnya.

Kegiatan Gerakan Bersih Sungai yang dihadiri Forkopimda Kota dan Kabupaten, Perum Jasa Tirta I, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), BPBD, Tagana, OPD, relawan dan aktifis lingkungan, ditutup dengan penaburan benih ikan di Sungai Brantas oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi. (q cox, Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *