SKPD Pemkab Tanbu Sepakat Jalankan Reformasi Birokrasi

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) sepakat menjalankan Reformasi Birokrasi dalam rangka mewujudkan Birokrasi yang bersih dan pelayanan publik yang berkualitas.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan seluruh SKPD saat pelaksanaan Sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) di Ruang Rapat Bersujud, Jumat (24/08/19).

Kabag Tata laksana Biro Organisasi Propinsi Kalimantan Selatan Tutinaya. S. Sos menyampaikan. Penandatanganan ini adalah gambaran komitmen kepala unit kerja yang sejatinya akan melakukan perubahan menuju penataan birokrasi yang lebih baik.

“Melalui penandatanganan ini maka seluruh kepala unit kerja sepakat berlaku tegas terhadap baawahan demi sebuah perubahan serta saling koreksi demi kebaikan tatanan birokrasi itu,” tandasnya.

Dia merincikan, dalam sosialisasi ini ada 8 area perubahan RB yang harus dicermati di setiap kepala SKPD yakni organisasi yang tepat fungsi dan aturan.

SDM aparatur yang berintegritas, netral dan kompeten, kinerja yang tinggi serta profesional, kemudian menjunjung tinggi pelayanan prima sesuai harapan masyarakat.

Dalam hal tata laksana, sistem harus sesuai prosedur yang jelas, efektif dan efesien sesuai prinsip God Governance.

Untuk pengawasan, aparatur harus meningkatkan penyelenggaraan yang bebas KKN. Mainset aparatur harus dirubah menuju birokrasi yang berintegritas dan kinerja yang tinggi.

Disisi peraturan perundang undangan, regulasi yang dibuat harus tertib tanpa adanya tumpang tindih aturan supaya lebih kondusif.

Terakhir, Akuntabilitas dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kerja birokrasi. (q cox, Imran)

Reply