Surabaya Gelar Persami Akbar Sejuta Pramuka

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Kota Surabaya akan menjadi kota pertama di Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan sejuta tenda pramuka pada hari Sabtu (26/11/2016). Kegiatan perkemahan yang dikemas layaknya Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) ini, akan melibatkan seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) Se-Surabaya. Mulai pelajar tingkat SD hingga Pembina, dan berbagai lapisan masyarakat se Kota Surabaya.

Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menjelaskan kegiatan perkemahan akbar ini akan diselenggarakan selama dua hari dengan pusat kegiatan di SMKN 5 Surabaya. Serta mengundang pramuka dari Kota tetangga yakni Gresik, Mojokerto, Madura, dan Sidoarjo, dan akan melibatkan semua element yang menyangkut pramuka. Tak hanya itu, Pemerintah Kota juga mengadakan persami di masing-masing kecamatan yang diikuti karang taruna, koramil dan polsek.

“Ada 31 kecamatan yang turut berpartisipasi. Ini juga merupakan salah satu bukti eksistensi pramuka di Kota Pahlawan, perkemahan akbar tersebut juga akan menjadi salah satu sarana menekan angka kenakalan remaja,” tegas wakil walikota.

Whisnu – sapaan akrab Whisnu Sakti Buana-  juga menjelaskan, bahwa rencanya kegiatan ini akan diikuti sekitar 1.140.000 peserta. Nantinya, pihak Museum Rekor Indonesia (MURI) akan hadir untuk mencatat kegiatan ini. Mereka (Muri, red) akan berkeliling untuk melakukan survei.

“Saya optimis acara ini akan meriah, semoga bisa lebih dari tamu undangan yang berpartisipasi,” imbuh Whisnu yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Surabaya.

Ketua Umum Sejuta Pramuka, Siti Mariyam menambahkan, nantinya akan ada mentoring oleh Korem 084 Bhaskara Jaya. Mulai dari Ketangkasan membangun tenda, belajar morse, tali temali, hingga api unggun menjadi rangkaian mempererat silaturahmi antar peserta.

“Semua sekolah juga akan melakukan persami di masing-masing gugus depan mereka. Khusus siswa sekolah dasar kelas 1-3 akan melakukan perkemahan satu hari (Persari), dengan didampingi walimurid. Nantinya, walimurid akan mengenakan baju pahlawan, lengkap dengan hasduk atribut pramuka,” imbuh Siti Mariyam.

Siti Mariyam menambahkan, nantinya akan ada penyematan Lencana Dharma Bakti Pramuka kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Lencana Dharma Bakti Pramuka diberikan atas dedikasi dan sumbangsih terhadap kemajuan Gerakan Pramuka selama ini.

“Nanti, hadir juga Majelis Pembimbng Nasional (Mabinas) Ibu Puan Maharani untuk penandatanganan prasasti perkemahan serempak sejuta peserta,” tegas Siti Mariyam. (Q cox)

Reply