Terima Anugerah Prapanca Agung dari PWI Jatim, Soekarwo: Pers Berperan Mereduksi Konflik

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Setelah meraih penghargaan pena emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, Soekarwo Gubernur Jatim kembali menerima penghargaan dari PWI Jatim yakni anugerah Prapanca Agung dalam rangka Hari Pers Nasional 2018.

“Anugerah ini sangat layak untuk Pakde Karwo (sapaan akrab Gubernur). Berkat kinerjanya selama memimpin, Jatim menjadi provinsi yang sangat maju dan luar biasa,” ujar Ketua PWI Jatim Akhmad Munir di sela puncak resepsi HPN Tingkat Jatim dan HUT Ke-72 PWI Jatim di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (29/3/2018).

Menurut dia, Anugerah Prapanca Agung tidak sembarang orang bisa menerimanya karena hanya akan diberikan kepada tokoh-tokoh nasional yang benar-benar berprestasi luar biasa dan memiliki kategori sebagai putra terbaik bangsa.

“Pakde Karwo pantas menerimanya karena prestasi dan tidak ada yang meragukan integritasnya sebagai putra terbaik bangsa,” katanya.

Sementara Soekarwo aliasa Pakde dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini bukan masyarakat yang memilih pers yang profesional, tapi pers yang menjadikan masyarakat yang sangat rasional.

Pakde menuturkan apapun tidak akan terbentuk, termasuk budaya, jika  tidak dibentuk oleh pers, amerika itu kalah perang di vietnam, tapi Rambo menang terus di film, inilah rekayasa (social engineering) dan memang dibutuhkan.

“Pers berperan dalam mereduksi konflik di Jatim, dengan memberikan informasi berbentuk pemberitaan yang bijak,” turunya.

Pada kesempatan sama, juga diberikan penghargaan kepada Ketua KPU RI Arief Budiman sebagai tokoh nasional bidang politik dan pemerintahan.

Untuk tokoh nasional bidang bisnis, penghargaan diberikan kepada Managing Director Mataram Paint Freddy Pangkey dan praktisi pers nasional Parni Hadi.

Sedangkan, untuk tokoh daerah bidang pemerintahan penghargaan diberikan kepada Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi, tokoh daerah bidang seni dan budaya kepada Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni, tokoh daerah bidang pengembangan UMKM dan koperasi kepada Sri Untari Bisowarno.

Kemudian, tokoh daerah bidang pengembangan usaha penghargaan diberikan kepada Ketua Kadin Surabaya Jamhadi, tokoh daerah bidang seni dan budaya kepada seniman Surabaya, Meimura.

Tak itu saja, penghargaan praktisi pers daerah diberikan kepada Yousr Nur Raja Agam serta kategori “Lifetime Achievement” kepada Sam Abede Pareno.

Penghargaan “Special Award” diberikan kepada Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Di puncak acara juga diserahkan Anugerah Piala Prapanca 2018 karya jurnalistik tulis, foto, televisi dan radio, yakni Agnes Swetta Pandia dari Harian Kompas (kategori tulis), Akhmad Khusaini dari Jawa Pos (kategori foto), Net TV (kategori televisi) dan Yunita Habsari dari Radio Mayangkara Blitar (kategori radio).

Di sisi lain, Ketua Panitia HPN 2018 PWI Jatim Syaiful Anam menyampakan pihaknya menggelar berbagai kegiatan, di antaranya Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik Piala Prapanca, Donor Darah, Bakti Sosial di Blitar, PWI Idol, Diskusi Publik, UKW, Tlakshow Gebyar HPN 2018, Olahraga oleh SIWO hingga Family Gathering. (q cox)

Reply