Terkait Infrastruktur, Ini Paparan Dua Paslon di Debat Publik II Pilgub Jatim

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memuji program pembangunan infrstruktur yang dijalankan pemerintahan Presiden Jokowi.

Itu disampaikan kandidat nomor 2 itu dalam panggung debat Pilkada Jawa Timur dengan tema “Ekonomi dan Pembangunan Wilayah” di Kota Surabaya , Selasa (8/5/2018).

“Kita bersyukur, Presiden Jokowi yang telah mempercepat pembangunan jalan tol di Jawa Timur,” kata Gus Ipul.

Saat ini, kata Wakil Gubernur Jawa Timur itu, telah dibangun jalan tol dari Ngawi-Wilangan Nganjuk. Kemudian, jalan tol dari Kertosono-Kota Surabaya.

“Tentu kita ingin agar pembangunan jalan tol bisa tembus Wilangan-Kertosono, sehingga jalur Surabaya-Ngawi menjadi tembus,” kata Gus Ipul.

Percepatan pembangunan infrastruktur, kata Gus Ipul, akan memberi daya dukung bagi pembangunan Jawa Timur. Ia menyebut Jawa Timur telah menyusun desain Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Pembangunan infrastruktur memberi dukungan untuk perwujudan Jawa Timur sesuai RTRW. Misalkan, dari Jember hingga Probolinggo, jika dibangun jalan tol, maka tentu akan mempercepat rencana pembangunan wilayah,” kata Gus Ipul.

Dalam debat publik kedua bertema Ekonomi dan Pembangunan di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmad, Surabaya ini, Gus Ipul banyak memaparkan prestasi pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Ini merujuk kepemimpinan Gubernur Pakde Karwo dan Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Ke depan pembangunan infrstruktur harus dipercepat dan diperluas lagi. Termasuk membangun transportasi laut, yang menghubungkan antar pulau,” kata Gus Ipul.

Sementara pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak menginginkan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur di Jatim, bukan hanya terpusat di daerah dekat pusat pemerintahan daerah.

“Kita ingin infrastruktur tidak hanya di ring 1, tapi lingkar selatan dan kepulauan dapat prioritas,” terang Khofifah

Salah satu program yang diandalkan adalah pembangunan rumah sakit apung, untuk menunjang kesehatan warga (q cox)

Reply