Tertarik dengan Program Risma, Dubes AS Kunjungi Mangrove Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews.net) –Keberhasilan Kota Surabaya dalam menciptakan kota yang hijau ternyata menjadi perhatian khusus dari Dubes Amerika Serikat unuk Indonesia Mr Joseph R Donovan Jr. Kota Surabaya dianggap berhasil menjadikan wilayahnya lebih hijau dan layak huni dibandingkan wilayah lain.

Kunjungannya kali ini meninjau wisata mangrove Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Surabaya, dan berkesampatan untuk menanam bibit pohon mangrove bersama Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Didampingi istrinya, Mr Joseph R Donovan Jr mengaku sangat terkesan dengan kondisi Kota Surabaya yang tampak hijau, sekaligus mengagumi keberhasil Tri Rismaharini sebagai Wali Kotanya.

“Kami sengaja datang ke Surabaya karena kami tertarik dengan program Ibu Wali Kota yang sadar soal lingkungan, dan kami sanga terkesan dengan programnya, yang hendak membuat kota Surabaya menjadi kota yang lebih hijau dan menjadi kota yang lebih layak hidup atau layak huni,” ucap Joseph R Donovan Jr Dubes AS untuk Indonesia kepada wartawan, Rabu (1/3/2017)

Dia mengatakan bahwa kali ini adalah kunjungannya yang pertama ke Kota Surabaya sejak dipercaya menjabt sebagai duta besar untuk negaranya.

“Ini adalah kunjungan pertama saya, sejak saya memberikan surat kepercayaan saya ke presiden Jokowi dari presiden saya, dan saya bersama istri tinggal di Indonesia baru 3 bulan,” akunya.

Tidak hanya itu, setelah melihat-lihat kondisi wisata mangrove dan berbagai penjelasan dari hasil bincang santai dengan Risma-sapaan akrab Tri Rismaharini- di salah satu gazebo, Joseph R Donovan Jr berkeinginan untuk belajar kepada Kota Surabaya soal pengelolaan lingkungan.

“Kami juga akan banyak sekali belajar dari penjelasan Wali Kota soal bagaimana melindungi lingkungan di sebuah kota,” pungkasnya.

Namun keinginan Duta Besar AS yang ingin belajar kepada dirinya soal lingkungan justru direspon dengan sikap merendah oleh Risma, karena dirinya mengakui jika yang telah dikerjakan saat ini masih jauh dari harapannya sendiri sebagai kepala daerah.

“Kalau belajar ke kita ya enggak lah, karena semua ini saya lakukan merupakan sebuah kewajiban dalam menjalankan tugas saya sebagai kepala daerah,” respon Risma sesaat setelah melepas kepulangan Joseph R Donovan Jr. (q cox)

Reply