Tingkatkan Kesra Warga, Desa Patani Kabupaten Takalar Gelar Musrenbang TA 2020

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat (Kesra), Pemerintah Desa Patani Kabupaten Takalar Provinsi Sulsel, menggelar acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Desa. Rabu (24/07/2019)

Acara ini digelar di kantor Desa Patani, yang dihadiri oleh Kepala Desa dan jajaran, wakil dan Kecamatan Mappakasunggu dan berbagai elemen masyarakat yang ada di Desa, termasuk para tokoh.

Namun hadir juga Ketua dan anggota BPD, Perangkat Desa patani, Ketua dan Anggota LPM, Bhabinkantibmas dan Babinsa desa patani, Tim Penggerak PKK dan Anggota PKK, Iman Dusun se Desa patani dan Kader Desa

Materi bahasan di Musrenbang kali ini diantaranya soal pengembangan infrastruktur yang terintegrasi, untuk meningkatkan pelayanan kualitas publik, serta transparansi yang mana di bahas dalam musyawarah rencana pembangunan anggaran tahun 2020.

Maka melalui gelaran Musrenbang ini, berbagai usulan dari masyarakat dibahas dan di tampung, untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat.

”Dengan digelarnya Musrenbang Desa tahun anggaran 2020, berbagai usulan dari masyarakat dan kita ciptakan transaparansi masyarakat berhak mengusulkan program pembangunan di lingkungannya tentunya sesuai kebutuhan dan skala perioritas,” ucap Jaharuddin Tiro Kades Patani.

Jaharuddin Tiro mengatakan, akan mendahulukan yang lebih penting karena sebagai abdi masyarakat harus melayani setiap kebutuhan masyarakat.

“Saya sangat berterimakasih dari berbagai elemen baik itu dari instansi pendidikan, pemerintahan kecamatan, unsur BPD, tokoh masyarakat, aparatur desa mappakasunggu yang berkenan hadir,” tandasnya.

Inti dari semuanya, kata Jaharuddin Tiro, semua usulan masyarakat yang sudah ditempuh melalui tahapan musyawarah tingkat Dusun akan ditampung, karena itu merupakan mekanisme yang harus dijalankan agar tidak menyalahi undang undang.

“Kita harus memilah dan memilih sesuai skala perioritas. Saya berharap usulan masyarakat melalui musyawarah perencanaan pembangunan yang nanti akan di lanjut ke musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan dan kabupaten, mudah-mudahan dapat di realisasi,’ tegas Jaharuddin Tiro

Hal senada dituturkan Muh. Ikhsan Larigau Sekretaris Kecamatan Mappakasunggu mewakili Camat yang berhalangan hadir, yang mengawali sambutannya dengan penyampaian ucapan terimakasih kepada semua yang hadir.

“Pesan saya agar usulan diajukan dalam musyawarah ini benar-benar sudah menjadi pilihan dan benar-benar di butuhkan tentunya yang masuk dalam skala prioritas masyarakat berhak mengajukan usulan dari berbagai sektor demi kemajuan dan suksesnya program pembangunan di desa patani,” tuturnya.

Sementara menurut ketua BPD Patani, semua usulan masyarakat baik dari sektor pendidikan, pertanian, infrastruktur, hasil dari tahapan musyawarah dusun, untuk kepentingan masyarakat.

“Namun pemerintah desa tetap harus memilah dan memilih mana yang benar benar sangat dibutuhkan, yang benar benar harus di prioritaskan. Saya berharap aspirasi masyarakat di realisasi,” tutupnya. (q cox, Wahyu)

Reply