Tingkatkan Ketrampilan Masyarakat, Disnaker Surabaya Adakan Pelatihan Tenaga Kerja

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Persaingan dunia kerja yang semakin hari semakin ketat ditambah banyaknya pekerja asing yang mulai merambah dunia pekerjaan di Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), membuat beberapa kota di Indonesia terus melatih, mendampingi dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warganya, salah satunya Kota Surabaya.

Ya, untuk mempersiapkan mental sekaligus meningkatkan ketrampilan warganya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar pelatihan tenaga kerja secara gratis yang khusus diperuntukkan bagi warga surabaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Surabaya Dwi Purnomo menuturkan, pelatihan tenaga untuk menyiapkan SDM yang ada di Kota Surabaya dalam memasuki pasar kerja berbasis kompetisi. Selain itu, lanjut Dwi, pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi dan beberapa perusahaan untuk memudahkan calon pekerja mendapatkan pekerjaan.

“Kami sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan agar mereka dapat langsung bekerja sesuai dengan kebutuhan pasar, sedangkan kerjasama dengan lembaga sertifikasi lebih dikhususkan bagi mereka yang belum maupun yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan keahliannya,” kata Dwi Purnomo pada Kamis, (4/1/2018).

Disampaikan Dwi Purnomo, jangka waktu pelatihan bagi tenaga kerja disesuaikan dengan jenis pelatihan secara keseluruhan. “Kita rencanakan sampai bulan Oktober 2018, namun untuk lebih jelasnya saya sarankan untuk datang ke kantor disnaker,” tuturnya.

Ditanya soal cara menginformasikan pelatihan tenaga kerja yang dilaksanakan Disnaker agar masyarakat secara cepat mengetahui pelatihan ini, Dwi mengaku sudah melakukan komunikasi dengan OPD yang ada di surabaya serta mengunggah di media sosial.

“Kami terus menginformasikan pelatihan gratis ini kepada seluruh masyarakat surabaya khususnya warga yang benar-benar belum mendapatkan pekerjaan. Semoga mereka bisa memanfaatkan pelatihan semacam ini,” ujar Kadisnaker.

Dwi juga menambahkan beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap warga yang ingin mengikuti pelatihan tenaga kerja tersebut diantaranya, ber-KTP Surabaya, belum bekerja (status mencari pekerjaan), berpendidikan minimal (SLTA Sederajat), lulus seleksi administratif, menyiapkan foto 3×4 sebanyak dua lembar dan berusia 18-35 tahun.

“Semua berkas diserahkan ke kantor Disnaker Kota Surabaya Jl. Jemursari Timur No.2,” imbuhnya.

Adapun jenis-jenis pelatihan yang diadakan Disnaker Kota Surabaya diantaranya, Pelatihan Bidang Jasa yang meliputi Terapi Spa, terapi spa level III, cleaning service junior, perawatan kulit, perawatan rambut. Pelatihan bidang otomotif yang meliputi, Otomotif mobil R4 dan Motor R2. Pelatihan bidang pariwisata yakni perhotelan.

Lebih lanjut, pelatihan bidang teknologi informasi meliputi desan grafis, IT support, multimedia, teknisi komputer. Pelatihan bidang industri meliputi, alat angkat angkut, Las FCAW, Las SMAW, Mobil Crane. Terakhir pelatihan bidang perkantoran meliputi, administrasi perkantoran dan akuntansi dasar. (q cox)

Foto: Ilustrasi tahun 2017

Reply