Jatim Raya

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Pemkab Sidoarjo Resmikan Penggunaan Gedung Baru BPN

9
×

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Pemkab Sidoarjo Resmikan Penggunaan Gedung Baru BPN

Sebarkan artikel ini

Sidoarjo (Suarapubliknews) – Tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Sidoarjo meresmikan gedung baru Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo, pada Rabu (14/8/2019).

Acara persemian dilakukan oleh Bupati sidoarjo H.Syaiful Ilah SH.M.Hum yang didampingi Sekjen kementriaan Agraria dan Tata Ruang BPN Himawan Arif Sugoto serta Kepala BPN Jawa Timur Heri Santoso.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo menyerahkan sertifikat Persiapan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019, sebagai upaya menciptakan situasi yang kondusif guna meningkatkan ketertiban khususnya di bidang administrasi pertanahan.

“Saya berharap agar BPN dapat terus menciptakan berbagai inovasi dalam hal pelayanan yang sangat dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sidoarjo sehingga keberadaan peran dan fungsi dari BPN ini tetap mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Sidoarjo dalam mempercepat pembangunan ke arah yang lebih baik,” ungkapnya

Sementara menurut Kepala Kanwil BPN prov Jawa Timur Heri Santoso, di Jawa Timur jumlah bidang tanah yang ada lebih kurang 19 juta bidang tanah dan yang sudah disertifikatkan lebih kurang 9 juta bidang tanah.

Untuk Sidoarjo sejumlah 781 ribu bidang tanah dan yang telah bersertifikat sejumlah 575 bidang tanah yang artinya tinggal 605 bidang lagi dan ditargetkan akan diselesaikan dalam kurun waktu 4 tahun.

“Wajib terdaftar dengan catatan rata-rata pencatatan melalui PTSL 50.000 tiap tahunnya dan sampai pada saat ini sudah terbit sertifikat 30.000 lebih yang artinya pada akhir Agustus ini seluruh bidang tanah target PTSL di tahun 2019 di Kabupaten Sidoarjo sudah selesai,” tandasnya.

Dia mengatakan, bahwa pembangunan gedung BPN merupakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebesar kurang lebih 5 Milyar rupiah, diatas tanah 1500 m2 dan sudah mulai di operasionalkan hari ini.

“Sedangkan kantor yang lama dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk bisa digunakan lebih bermanfaat lagi dan mudah-mudahhan dengan ada nya kantor ini memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat,” terang Heri.

Diketahui bahwa pelayanan di Sidoarjo telah mencapai 15 ribu perbulan, itupun belum termasuk target PTSL.

Sekjen Kementrian Agragia dan Tata Ruang BPN Himawan Arif Sugoto juga mengatakan bhawa peresmian gedung baru kantor BPN ini diharapkan mampu menjadi momentum untuk memantapkan semangat baru bagi jajaran Badan Pertanahan Nasional BPN dalam meningkatkan kinerja nya agar dapat memberikan pelayanan yang Prima Kepada seluruh masyarakat Sidoarjo pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

“Dan sekarang ada Dirjen baru yang akan memudahkan pelayanan kedepan dengan memberikan pelayanan berbasis online,” kata sugoto

Kata Sekjen, hal ini yang akan didorong agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi, disamping dukungan dari pemerintah yang cukup baik atas dukungan masyarakat.

“Juga harus bekerjasama dengan baik dengan memberikan informasi seperti batas tanah dan informasi lain yg diperlukan,” pungkasnya. (q cox, NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *