Tingkatkan Layanan Hotel dan Resto di Tanbu, Disparprov Kalsel Gelar Pelatihan

TANAH BUMBU-BATULICIN (Suarapubliknews.net) – 100 Pelayan Hotel dan Restoran dibekali pelatihan manajemen pelayanan dalam rangka mendukung peningkatan sektor kepariwisataan di Kabupaten Tanah Bumbu melalui bidang Hotel dan Restoran tersebut.

Bertempat di hotel Grand Central Simpang Empat, kegiatan inisiasi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaludin Taher, Senin (6/8/2018).

“Melalui pelatihan dasar ini diharapkan semua pelayan dan pelaku usaha hotel maupun restoran itu memiliki visi yang sama dalam rangka meningkatkan pelayanannya demi memberi kenyaman tamu di hotel maupun restoran menuju kemajuan Pariwisata di Tanah Bumbu,” kata Hammaludin.

Hamal menjelaskan, ditingkatkannya pelayanan Hotel dan restoran cukup beralasan, sebab daerah ini memiliki destinasi wisata yang tersebar hampir di tiap Kecamatan.

Secara otomatis lanjutnya,banyak tamu daerah lain yang datang berkaitan dengan kunjungan wisata sekaligus berkaitan dengan hadirnya sejumlah pengusaha di perusahaan daerah ini.

“Jika kita tidak memiliki kecakapan maupun Manajemen pelayanannya maka tamu wisata itu akan membandingkan dengan pelayanan wisata didaerah lain, sedikit banyaknya ada citra yang kurang baik atas pelayanan itu,” jelasnya.

Sementara itu,Narasumber pelatihan itu di pandu Perwakilan PHRI Kab. Tanbu Tangkas Candera. Serta Kabid Industri Pariwisata (Dispar. Prop. Kalsel). Dra.Hj. Nilawati .M. AP.

Salahsatu materi yang dia berikan kepada peserta antara lain cara melayani tamu yang diharuskan ramah dan meanggap tamu sebagai raja saat masuk ke hotel maupun restoran.

Langkah pertama dalam melayani itu yakni Grating standar atau salam terhadap tamu. Dengan tujuan tamu yang datang merasa lebih di hormati.

“Pada prinsip nya bagaimana kita bisa menyenangkan hati tamu dan tamu merasa nyaman di tempat hotel dan restoran itu,” imbuhnya. (q cox, Imran)

Reply