Bisnis

UNAIR Surabaya Masuk Kategori 5 Besar Kampus di Indonesia Versi QS WUR

23
×

UNAIR Surabaya Masuk Kategori 5 Besar Kampus di Indonesia Versi QS WUR

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – lembaga perankingan perguruan tinggi dunia World University Rankings (QS WUR), merilis hasil ranking terbaru kampus-kampus di seluruh dunia. Termasuk rangking kampus-kampus di Indonesia.

Terkait hasil rilis tersebut, terdapat sebanyak sembilan perguruan tinggi Indonesia yang masuk katagori top 1.000 kampus terbaik dunia. Universitas Airlangga masuk di lima besar kampus terbaik.

Peringkatnya berada di atas Universitas Padjadjaran (Unpad) di posisi keenam, Bina Nusantara University (BINUS) ketujuh, serta berurutan Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di posisi kedelapan serta kesembilan.

Sembilan perguruan tinggi 1.000 top dunia dari peringkat paling tinggi yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, UNAIR, Universitas Padjajaran, Bina Nusantara University (BINUS), Universitas Diponegoro (Undip), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Bagi UNAIR, peningkatan rangking itu adalah capaian tertinggi sejak tahun 2014. UNAIR mengalami lompatan yang luar biasa. Dari peringkat sebelumnya di angka #751-800, naik di angka #651-700 ” ucap Prof. Moh. Nasih merespon hasil rilis QS World University Rankings (QS WUR) di Ruang Rektor, Kantor Manajemen Kampus C UNAIR. Selasa (18/6/2019)

Menurut Prof Nasih, ada sejumlah indikator utama yang masuk dalam jajaran 500 terbaik dunia itu. Indikator pertama adalah employer reputation. Pada indikator tersebut, UNAIR masuk 393 top dunia.

“Penilaian itu dilihat dari relevansi pendidikan dengan dunia kerja. Termasuk berkaitan dengan lulusan UNAIR yang diakui berkontribusi di berbagai macam organisasi. Kaitan itu, lanjut dia, penilaian didasarkan pada stakeholder pengguna lulusan UNAIR,” tandasnya.

Selanjutnya, kata Prof Nasih, indikator kedua adalah masalah kualitas pendidikan atau academic reputation. Dalam indikator tersebut, UNAIR masuk top 401 dunia. Itu menunujukkan bahwa kualitas pendidikan UNAIR diakui orang di seluruh dunia.

Dia juga mengatakan jika ada empat indikator UNAIR yang mengalami peningkatan adalah Employer Reputation (peringkat 393), Academic Reputation (peringkat 401), Faculty Student (peringkat 458); dan International Faculty (peringkat 601+).

“Kami berterima kasih pada semua pihak atas kerja bareng semuanya. Sebagai bagian dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia itu, Universitas Airlangga mengemban tugas untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas. Teruama untuk mewujudkan misi visinya menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka, dan menjadi pelopor masuk Top 500 World University Rangkings,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *