Nasional

Wabup Tanbu: Dorong Pembangunan Kesehatan dengan Optimalkan Peran Keluarga

10
×

Wabup Tanbu: Dorong Pembangunan Kesehatan dengan Optimalkan Peran Keluarga

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor  mengatakan. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2009.

“Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam mendorong  pembangunan kesehatan,” kata Wabup saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI pada peringatan Hari Kesehatan RI ke 53 di halaman Kantor Bupati Senin (13/11/2017).

Menurutnya lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat.

“Oleh kerena itu kita perlu terus berupaya untuk membudidayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” terangnya.

Dia menambahkan. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peraturan menteri kesehatan nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat.

“Program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu dalam peringatan HKN tersebut Wakil Bupati Tanah Bumbu sekaligus  menyerahkan penghargaan penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Nasional 2017  untuk kategori Sanitariaan kepada PKM Batulicin 1 Kecamatan karang Bintang  dan kategori Bidan untuk PKM Lasung Kecamatan Kusan Hulu (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *