Wali Kota Surabaya Siap Dukung Aksi Sosial “Suroboyo Pedes”

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Usai menggelar presscon di ruang kerjanya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya juga menerima sejumlah perwakilan dari Komunitas #bicarasurabaya yang berencana menggelar aksi sosial menanam cabai serentak “Tanam 1 juta bibit Cabai” dengan tagline “Suroboyo Pedes”.

Gerakan tanam 1 juta cabai yang rencananya bakal digelar pada Bulan Maret menjelang peringatan Hari Bumi ini, ternyata mendapatkan respon positip dari Risma-sapaan akrab Wali Kota Surabaya, sekaligus berinisiatif akan mengupayakan penyiapan lahannya.

“Iya wes. Bagus itu,” kata Risma kepada jajaran panitia yang menghadap itu, Selasa, (22/2/2017).

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga berusaha akan turut menyediakan bibit Cabai melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, untuk mendukung aksi tanam 1 juta bibit Cabai.

“Cobalah nanti aku nyuruh Pak Djoestamadji untuk menanam lebih banyak,” kata dia.

Tidak hanya itu, Risma juga akan melibatkan seluruh SKPD Pemkot Surabaya agar turut menanam Cabai di kantornya masing-masing. Karena selama ini sudah banyak bibit cabai yang dibagikan kepada warga.

Menanggapi respon Wali Kota Surabaya, Cak Kusnan Ketua Panitia Suroboyo Pedes merasa bersyukur dan menganggapnya sebagai penguat semangatnya, karena semata-mata bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhan Cabai yang akhir-akhir ini harganya melonjak tajam.

“Nantinya, Komunitas #bicarasurabaya mengumpulkan bibit cabai, dan selanjutnya mengggandeng masyarakat dan beberapa elemen masyarakat serta komunitas lain untuk melakukan penanamannya sekaligus perawatannya,” ujarnya.

Jadi, lanjut Kusnan, nanti kita akan menanam serentak di beberapa titik di Kota Surabaya. Kami siapkan bibitnya untuk ditanam serentak bersama komunitas lain dan beberapa elemen masyarakat.

Seperti yang diberitakan media ini sebelumnya, bahwa untuk merealisasikan acara ini, komunitas #bicarasurabaya akan intens berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk mendapatkan dukungan. Sebab, lahan-lahan yang akan ditanami nantinya akan memanfaatkan lahan aset milik Pemkot Surabaya, salah satunya di sepanjang stren Kalimas Surabaya.

“Tentu saja kami akan koordinasikan pelaksanaan kegiatan ini ke Pemkot Surabaya, khususnya dengan Ibu Wali Kota, karena kami butuh restu terkait pemanfaatan beberapa titik lahan yang merupakan aset milik Pemkot,” kata dia. (q cox, BS)

Reply