Walikota, Kapolrestabes dan Kajari Surabaya Hadir di Acara Puncak SuroboyoPedes

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Hari ini (Senin,17/04) merupakan puncak acara dari acara Nandur dan Sedekah Sejuta Bibit Cabai dengan tagline “SuroboyoPedes”, setelah rangkaian acara sebelumnya yang berlangsung selama dua hari.

Agenda di acara puncak ini adalah menamam bibit cabe bersama sekaligus menutup acara tersebut di Jalan Irian Barat, Surabaya.

Acara yang digagas oleh komunitas #bicaraSurabaya yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Kejaksaan Negeri Surabaya. Sesuai dengan temanya, hari ini bibit cabai ditanam tetapi juga masih ada yang dibagikan kepada masyarakat agar mereka menanamnya di rumah.

“Untuk hari ini, akan ditanam sebanyak 10 ribu bibit cabe bersamaan dengan 31 kecamatan di surabaya,” ujar Khusnan, Ketua Panitia Surabaya Pedes di sela-sela acara.

Hadir dalam penutupan acara puncak ini, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol M.Iqbal, Kasatpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto, Kajari Surabaya, Didik Farkhan, Sugito anggota DPRD Surabaya dan Kadishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan acara ini dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan harga cabe yang dapat terjadi sewaktu-waktu. “Oleh karenanya saya mengingatkan agar warga Surabaya lebih survive dalam situasi apapun,” tutur Risma.

Menurut Risma, sudah seharusnya masyarakat surabaya bisa bertahan dalam suasana dan kondisi apapun salah satunya ketika harga cabe sedang melambung tinggi.

“Jadi warga Surabaya diharapkan tidak lagi mengeluh jika harga cabe sedang mengalami kenaikan, sebab mereka sudah memiliki tanaman di rumah masing-masing,” ujar mantan kepala bappeko tersebut.

Apresiasi positif juga disampaikan Kapolrestabes Surabaya, M Iqbal yang mengatakan, ikut bangga dengan gelaran acara Surabaya Pedes. Mengingat surabaya banyak sekali taman dan pohon maka sudah layak dan sepantasnya kegiatan ini terus dikembangkan untuk mendorong warga agar bersama-sama memperhatikan kebutuhan dasar, yakni pertanian. “Nilai agraris Surabaya itu tinggi sekali,” ujar nya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surabaya, Didik Farkhan yang memberi dukungan terkait acara menanam bibit cabe. “Saya optimis acara ini mampu membantu perekonomian warga surabaya,” ucap Didik.

Usai melakukan sambutan, Risma bersama Kapolrestabes Surabaya, M. Iqbal mulai menanam bibit cabe di lahan yang sudah disediakan oleh pihak panitia. Terlihat raut wajah sumringah dan semangat ibu walikota dan Kapolrestabes saat menanam cabe.

Acara menanam berlangsung sekitar 15 menit kemudian dilanjutkan dengan foto bersama antara panitia pelaksana dengan walikota beserta jajaran. Setelah itu acara diakhiri dengan iringan musik, persembahan Kampung Anak Negeri binaan Dinas Sosial. (q cox)

Reply