Bisnis

Wujudkan SDM Unggul, Pelindo III Kirim Pegawai Ikuti Pelatihan di Pelabuhan Johor Malaysia

10
×

Wujudkan SDM Unggul, Pelindo III Kirim Pegawai Ikuti Pelatihan di Pelabuhan Johor Malaysia

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – BUMN operator pelabuhan di Indonesia, Pelindo III, menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan pegawai operasional dengan Pelabuhan Johor di Malaysia.

Pelabuhan Johor gerbang logistik di selatan Negeri Jiran yang merupakan pelabuhan terintegrasi untuk berbagai komoditas (integrated multi-purpose), seperti peti kemas, curah cair dan kering.

“Pelindo III merespon cepat arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan SDM yang unggul dan menjadi pemain bisnis di level global. Salah satunya dengan menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan dengan Johor Port Skill Center. Salah satu pengelola pelabuhan besar di Asia Tenggara,” jelas Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dari Surabaya, Sabtu (17/8).

Ia memaparkan, para port manager dan port supervisor di terminal-terminal yang dikelola Pelindo III akan diseleksi untuk mengikuti program pelatihan tersebut.

“Total akan ada 11 batch, yakni 7 batch untuk port supervisor dan 4 batch untuk port manager. Durasi setiap batch akan ditempuh selama 1 bulan untuk class training (pendidikan) dan on job training (magang) di Pelabuhan Johor. Setiap batch terdiri dari 12 pegawai yang dipilih dengan seleksi yang didasarkan pada hasil assesmen, kinerja, dan catatan disiplin,” papar Doso Agung.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto menambahkan, para pegawai yang dikirim ke Malaysia untuk pelatihan tersebut akan memulai dengan port visit atau kunjungan ke Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Tanjung Pelepas.

Sementara itu beberapa keterampilan yang akan intensif dieksplorasi yaitu tentang kemampuan pengawasan operasional pelabuhan, baik untuk operasional general cargo dan peti kemas.

“Selain itu para peserta pelatihan juga akan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek legal pada operasi pelabuhan dalam perspektif bisnis internasional, serta juga mengenal para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya. Hal ini penting untuk menyiapkan SDM unggul Pelindo III yang berwawasan global, sehingga bisa mendorong ekspansi bisnis Pelindo III di masa depan,” pungkas Toto Heliyanto. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *