Politik

AKD Belum Terbentuk, Pimpinan DPRD Surabaya: Anggota perkuat koordinasi jaringan

147
×

AKD Belum Terbentuk, Pimpinan DPRD Surabaya: Anggota perkuat koordinasi jaringan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029 yang baru saja dilantik masih belum bisa melakukan kegiatan kedewanan karena Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih belum terbentuk.

Namun menurut Adi Sutrawijono Ketua (sementara) DPRD Surabaya, 50 wakil rakyat tetap bisa menjalankan kegiatan secara personal yakni memperkuat koordinasi dan komunikasi dengan jaringan dan konstituen.

“Tetap bisa berkegiatan yakni dengan menjalin/memperkuat komunikasi dengan jejaring soal arah pembangunan Kota Surabaya yang akan datang maupun yang sudah dijalankan,” ucap Adi Sutrawijono saat ditemui media ini di ruang kerjanya. Rabu (04/09/2024

Selain itu, kata Cak Awi-sapaan akrab Adi Sutarwijono, para anggota yang baru juga berkesempatan untuk mensukseskan jalannya Pilkada Surabaya 2024 yakni Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Juga membangun komunikasi dengan masyarakat soal suksesnya Pilkada, karena hasil Pilkada akan menentukan arah kebijakan pembangunan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pasca pelantikan 50 anggota periode 2024-2029, kondisi DPRD Surabaya masih sepi aktifitas karena harus menunggu pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Sementara untuk pembentukan fraksi juga masih harus menunggu unsur pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua DPRD Surabaya) yang statusnya definitif. Karena di dalamnya ada Surat Keputusan (SK) pembentukan harus dari pimpinan yang definitif, untuk kepentingan keabsahan SK pembentukan AKD.

Namun untuk fraksi, sudah mulai bisa diperkirakan bahwa DPRD Surabaya bakal memiliki 7 fraksi diantaranya PDIP (11 kursi), Gerindra (8 kursi), PKB (5 kursi), Golkar (5 kursi), PKS (5 kursi), dan PSI (5 kursi).

Kemudian ada 1 fraksi gabungan yang terdiri dari partai Demokrat (3 kursi), Nasdem (2 kursi), dan PPP (3 kursi), sedangan posisi PAN yang memiliki 3 kursi masih menunggu konfirmasi lanjutan. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *