BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan setempat melakukan survey lokasi bersama Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP)

Dalam survei ini bertujuan untuk melakukan tahap penyusunan master plan terkait rencana sentra ikan gabus haruan yang ada di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu.

“Belum lama tadi kami telah melakukan survey lapangan bersama Tim BRSDMKP, Penyuluh Perikanan, Kepala desa dan Kelompok Pembudidaya Ikan setempat.
Sekarang sedang proses penyusunan Masterplan Kampung Gabus Haruan,” Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, Rabu (3/3/22).

Dalam survey itu ungkapnya, Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (Kalsel), diproyeksikan menjadi desa sentra budi daya ikan gabus haruan (gahar).

“Melihat potensi pasar tersebut, pemerintah daerah mendorong dilakukannya budi daya ikan haruan, yang akan menjadi potensi unggulan daerah khususnya bidang perikanan budidaya,” ucap Yulian.

Diharapkan, Sentra budidaya ikan haruan ini nantinya akan menjadi bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan ikan gabus. (q cox, Imran )