Peristiwa

Gelar Pelatihan Gada Utama, Shelter Indonesia Undang Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri

168
×

Gelar Pelatihan Gada Utama, Shelter Indonesia Undang Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Direktorat Pembinaan Potensi Masyarakat Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian RI atau Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. Edy Murbowo, S.IK., M.Si. meminta para anggota satuan pengamanan (Satpam) untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di tempat kerja.

Hal itu disampaikannya pada pembukaan kegiatan Gada Utama yang digelar PT Shelter Nusantara di Hotel Java Paragon Surabaya, pada 5 – 10 Mei 2024. Gada Utama merupakan suatu program pelatihan eksklusif untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang Satuan Pengamanan agar anggota keamanan terkait memenuhi syarat untuk menjabat sebagai seorang manajer keamanan atau Chief Security. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan satpam dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Selain Brigjen. Pol. Edy Murbowo, kegiatan ini juga dhadiri Drs. H. Srijono, M.Si selaku Komisaris Shelter Indonesia, serta Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, S.I.K., M.PA. selaku Dirbinmas Polda Jatim.

Dalam kesempatan itu Edy Murbowo berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk semangat mengikuti program Gada Utama hingga selesai, sebab Satpam adalah mitra Polri yang berperan penting dalam menegakkan keamanan dan menciptakan kenyamanan, khususnya di lingkup tempat kerja.

“Kepada para peserta pelatihan satpam Gada Utama, saya sampaikan supaya semangat mengikuti program pelatihan selama kurang lebih 6 hari ini. Apa yang disampaikan oleh para instruktur tolong diterima, dipahami, dan kemudian nanti diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas,” paparnya.

Menurutnya, hal itu menjadi modal bagi para Satpam untuk menjalankan usaha di sub-sektor keamanan. “Dan itu menjadi penting jika menjadi mitra Polri, bagaimana menciptakan rasa aman dan nyaman di tempat kerja. Sehingga di tempat kerja tidak ada kejahatan, tidak ada kerugian,” tandasnya.

Komisaris SHELTER Indonesia, Srijono menambahkan, sebagai salah satu perusahaan outsourcing terdepan, pihaknya turut meningkatkan kemampuan dan kompetensi para anggota Satuan Pengamanan di Indonesia.

Melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja (Kepmenaker) No. 259 Tahun 2018, terdapat 7 unit kompetensi utama yang menjadi pedoman kerja satpam kualifikasi Gada Utama, yaitu ‎Menentukan‎ tingkat risiko keamanan di area kerja‎, ‎Menentukan‎ tingkat kerawanan di area kerja, ‎Menyusun rencana tindak pengamanan‎, ‌‎Menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur‎)‌‎, ‎Melaksanakan manajemen tanggap darurat‎, ‌‎Menangani terjadinya konflik di lingkungan kerja‎, dan ‎Menyusun desain simulasi pengamanan‎.

“Sesuai dengan Surat Izin Kapolri Nomor SI/233/I/SIO-POLRI/2023 tentang Badan Usaha Jasa Pengamanan Bidang Pelatihan Keamanan, SHELTER Indonesia memberikan sertifikasi resmi dari Mabes POLRI kepada seluruh peserta sebagai tanda kelulusan di akhir kegiatan,” ujarnya.

Selain itu, peserta yang mengikuti kegiatan sampai akhir juga dinyatakan lulus tes wawancara, mendapatkan pin Gada Utama, serta memperoleh Kartu Tanda Anggota Satpam sebagai bukti kelulusan.

“Kedepannya, Shelter Indonesia akan terus menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan serupa dengan bermitra bersama Polri serta pihak terkait lainnya, demi terwujudnya tenaga Satuan Pengamanan Indonesia yang kompeten sesuai standar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *