BisnisNasional

Gojek Swadaya, Mitra Driver Gojek Bisa Akses Pinjaman Terpercaya Hingga Rp15 Juta

249
×

Gojek Swadaya, Mitra Driver Gojek Bisa Akses Pinjaman Terpercaya Hingga Rp15 Juta

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) ~ Mendorong mitra driver mendapatkan akses keuangan yang lebih baik, Gojek, penyedia layanan on-demand dari Grup GoTo (BEI: GOTO), terus memperluas manfaat program Gojek Swadaya.

Di bawah payung Swadaya Finansial, salah satu pilar program Gojek Swadaya, mitra driver Gojek dapat memanfaatkan beragam layanan keuangan seperti GoPay Pinjam dari PT Mapan Global Reksa, bagian dari GoTo Financial, untuk memenuhi beragam kebutuhan.

Head of Regions Gojek Gede Manggala, mengatakan, kesejahteraan mitra driver dan keluarga dalam jangka panjang selalu menjadi prioritas ketika merancang program dan inovasi. Berdiri di bawah program Gojek Swadaya, Swadaya Finansial merupakan salah satu inisiatif dari berbagai upaya meningkatkan akses keuangan yang inklusif dan terpercaya untuk seluruh mitra.

“Dengan program ini, kami berharap mitra driver Gojek bisa terhindar dari pemberi kredit ilegal dan dapat menggunakan produk ini untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berbagai program komprehensif untuk mitra ini mencerminkan semangat Gojek berjuang untuk Indonesia dengan menargetkan ‘Nol Hambatan’ demi pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia,” katanya.

Dirancang khusus untuk mitra driver sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan harian mitra, Gojek Swadaya memberikan kemudahan melalui program cicilan harian pada produk GoPay Pinjam. Mitra driver dapat mengakses GoPay Pinjam dengan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000 yang dapat dicicil harian. Pemberian pinjaman disesuaikan dengan profil risiko dan kemampuan membayar kembali masing-masing mitra driver.

Tak hanya menghadirkan layanan finansial untuk mitra driver, Gojek dan GoTo Financial menggelar edukasi finansial pada Juni 2024 sebagai bekal mitra driver untuk memanfaatkan ragam produk finansial dalam Program Gojek Swadaya. Pelatihan diikuti oleh lebih dari 1.000 mitra pengemudi Gojek di seluruh Indonesia secara daring.

Edukasi finansial tersebut bekerja sama dengan platform literasi keuangan BigAlphaID yang memberikan materi perencanaan keuangan untuk mitra driver, termasuk bagaimana tetap bijak dan aman dalam mengelola pinjaman.

Selain itu, Gojek juga rutin memberikan pelatihan secara tatap muka dan daring melalui fitur Tips Pintar yang telah diakses sebanyak lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver per 2023.

Perencana Keuangan Bersertifikat Farizy Yunaz, CFP menjelaskan perencanaan keuangan sangat diperlukan khususnya bagi mitra driver yang penghasilannya tidak tetap agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

“Saya sering mendapat pertanyaan boleh atau tidak mengajukan pinjaman, jawabannya boleh, asalkan digunakan untuk membeli aset produktif bukan hanya konsumtif, membeli pengeluaran pokok, digunakan ketika jatuh sakit, maupun untuk modal usaha. Perlu diketahui, total cicilan tidak dianjurkan melebihi dari 35% pendapatan untuk menghindari keuangan yang tidak sehat,” jelasnya.

Untuk memberikan rasa aman kepada mitra driver dan keluarganya, produk GoPay Pinjam menawarkan informasi yang transparan, memberikan pinjaman berdasarkan kemampuan meminjam pengguna, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gojek juga bekerja sama dengan tim ahli inklusi keuangan independen dari Consultative Group to Assist the Poor (CGAP) oleh Bank Dunia sejak 2022 dalam menghadirkan sistem penilaian kelayakan kredit mitra pengemudi (Driver Credit Scoring) sehingga produk pinjaman yang diberikan bersifat non-predatory atau tidak menjebak.

Selain menghadirkan GoPay Pinjam dalam program Gojek Swadaya, di tahun ini, Gojek berkolaborasi dengan GoTo Financial untuk menghadirkan berbagai pilihan layanan keuangan seperti:

GoPay Tabungan by Jago, produk tabungan dari Bank Jago yang dapat diakses di aplikasi GoPay, menawarkan berbagai rekening sesuai kebutuhan mulai dari rekening untuk pembayaran sehari-hari hingga rekening menabung untuk masa depan.

GoPay Tabungan Syariah by Jago, menghadirkan rekening untuk transaksi sehari-hari dengan prinsip syariah. Rekening Simpanan di GoPay Tabungan by Jago, pilihan penyimpanan fleksibel mulai dari Rp1 dengan bunga yang lebih tinggi hingga 3,75 persen. Ragam pilihan layanan pinjaman dari GoTo Financial yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para mitra driver Gojek.

Berdasarkan riset LPEM UI di 2023, pemanfaatan layanan keuangan mitra driver Gojek semakin meningkat tiap tahunnya. Riset yang sama bahkan menunjukkan tingkat kepemilikan tabungan, mobile banking, dan asuransi kesehatan mitra driver Gojek pada 2023 ada di atas rata-rata nasional.

Gede menjelaskan bahwa akses layanan keuangan ini juga terbukti memberi manfaat kepada kesejahteraan jutaan mitra pengemudi dan keluarganya. Sepanjang 2023, Gojek Swadaya juga telah membantu meringankan beban operasional 600.000 mitra pengemudi, dengan 270.000 mitra pengemudi telah mengakses produk keuangan yang ditawarkan dalam program Swadaya Finansial. (q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *