Pemerintahan

Kukuhkan Pengurus Forum Bakti 2024-2026, Ketua APEKSI Eri Cahyadi Tekankan Soal Kesejahteraan Masyarakat

110
×

Kukuhkan Pengurus Forum Bakti 2024-2026, Ketua APEKSI Eri Cahyadi Tekankan Soal Kesejahteraan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya sekaligus Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Eri Cahyadi, mengukuhkan Pengurus Forum Kepala Bappeda Kota seluruh Indonesia (Bakti) periode 2024-2026, di lantai 2 Balai Kota, Sabtu, (7/9/2024). Dalam surat keputusan Nomor 01/DP/APEKSI/IX/2024, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Eri Cahyadi menetapkan 13 orang sebagai pengurus baru Forum Bakti periode 2024-2026.

Dalam kesempatan ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palembang, Harrey Hadi, terpilih sebagai Ketua Forum Bakti periode 2024-2026. Pengukuhan pengurus Forum Bakti ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi mengatakan, ke 13 orang yang dikukuhkan hari ini adalah orang-orang terpilih yang menjadi ujung tombak dan agen perubahan APEKSI. Karena, menurut Eri Cahyadi, APEKSI dan Forum Bakti akan membutuhkan saran dari semua kota untuk mensejahterakan warga di masing-masing kota di Indonesia.

“Karena APEKSI ini membutuhkan saran dan masukan dari semua kota untuk mensejahterakan masing-masing kota, sehingga kita membutuhkan data-data itu. Karena, setiap Bappeda harus tahu jumlah warga, anak putus sekolah, dan jumlah pengangguran itu berapa,” kata Ketua Dewan APEKSI Eri Cahyadi.

Di kesempatan ini, Ketua APEKSI Eri menegaskan, para jajaran pengurus Forum Bakti yang dikukuhkan hari ini tidak hanya bertugas menggali data, akan tetapi juga merumuskan suatu kebijakan yang bermanfaat untuk masing-masing kota dan seluruh wilayah di Indonesia. “Tidak ada kota yang sempurna, tidak ada kota yang lebih baik, karena itu saya berharap Pak Harrey, (kebijakan) apa yang sudah dikerjakan di masing-masing kota nanti dijadikan satu menjadi kekuatan besar, setelah itu bisa diterapkan di masing-masing wilayah,” tegasnya.

Ia berharap kepada 13 orang pengurus Forum Bakti periode 2024-2026 yang dikukuhkan hari ini bisa membawa perubahan besar dan menyatukan perbedaan-perbedaan kota di seluruh Indonesia. “Saya harap ke 13 orang ini, yang dipimpin oleh Pak Harrey tidak ada yang (merasa) lebih baik, karena akan menjadi kekuatan besar. Kalau sudah menjadi kekuatan dan semua data digerakkan, kemudian tentukan langkah apa yang akan diambil, gabungkan setelah itu tolong jalankan di masing-masing kotanya,” harapnya.

Selaras dengan tujuan Ketua Dewan APEKSI, Ketua Forum Kepala Bappeda Seluruh Indonesia sekaligus Kepala Bappedalitbang Kota Palembang, Harrey Hadi juga berharap, dilantiknya ke 13 orang tersebut sebagai pengurus Forum Bakti, bisa saling bersinergi menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di 98 Kota se-Indonesia. Menurut dia, dengan adanya sinergitas antar daerah melalui forum ini, permasalahan di masing-masing daerah dapat diselesaikan secara bersama-sama ke depannya.

”Mudah-mudahan, setelah dilantiknya kita oleh Cak Eri Cahyadi ini bisa menyemangati kita semua untuk bisa membantu menyebarluaskan beberapa informasi dari pusat atau bisa jadi berbagai permasalahan di daerah untuk bisa bersama-sama bersinergi dan berharmonisasi. Sehingga nantinya permasalahan di daerah yang spesifik bisa didiskusikan di dalam Forum Bakti ini,” pungkasnya.

Diketahui, ke 13 orang pengurus Forum Bakti periode 2024-2026 yang dikukuhkan oleh Ketua APEKSI Eri Cahyadi kali diantaranya adalah, Kepala Bappedalitbang Kota Palembang, Harrey Hadi sebagai Ketua Forum Bakti dan Kepala Bappedalitbang Kota Depok, Dadang Wihana sebagai Wakil Ketua Forum Bakti. Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bepperida) Kota Bogor, Rudy Mashudi sebagai Sekretaris Forum Bakti. Sedangkan Kepala Bapperida Kota Magelang, Handini Rahayu sebagai Bendahara Forum Bakti.

Sedangkan susunan keanggotaan Forum Bakti di periode kali ini, diisi oleh 9 orang kepala Bappeda dari berbagai daerah diantaranya, Kepala Bappeda Kota Blitar, Kepala Bappedalitbang Kota Balikpapan, Kepala Bappedalitbang Kota Gorontalo, Kepala Bapperida Kota Manado, Kepala Bappedalitbang Kota Medan, Kepala Bappeda Kota Metro, Kepala Bappeda Kota Tebing Tinggi, Kepala Bappeda Kota Tual, dan Kepala Bappedalitbang Kota Surabaya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *