BisnisPeristiwa

Pangan Lestari – Mitsui Jepang Teken MoU Perkuat Bisnis Logistik dan Distribusi di Indonesia

210
×

Pangan Lestari – Mitsui Jepang Teken MoU Perkuat Bisnis Logistik dan Distribusi di Indonesia

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ PT Pangan Lestari anak perusahaan PT Sekar Laut Tbk yang bergerak di bidang logistik melakukan kerjasama dengan Mitsui & Co.Ltd Jepang. Kerjasama juga dibarengi dengan penyertaan modal baru untuk membangun cold storage di Indonesia.

Presiden Direktur PT Pangan Lestari Tjahjono Haryono mengatakan kerja sama ini akan berdampak signifikan pada kinerja perseroan kedepan. Sebab Mitsui & Co.Ltd merupakan perusahaan yang sudah menggelobal sehingga akan memberikan value added bagi Pangan Lestari.

“Kerjasama ini tidak hanya di logistik dan distribusi saja, namun juga transfer teknologi. Kerjasama juga akan berkembang ke semua Group Sekar sehingga lebih efisien,” katanya seusai penandatanganan kerja sama Pangan Lestari & Mitsui, Senin (16/10).

Kerjasama ini menjadikan Mitsui & Co. Ltd menjadi pemegang saham di PT Pangan Lestasri dan akan terlibat dalam operasional dan pengembangan perusahaan ke depan. Pihaknya juga akan menambah fasilitas baru berupa cold storage dan dry storage di Jakarta. Pembangunan akan dilakukan secepatnya dan diharapkan pada tahun 2025 sudah mulai beroperasi.

“Dengan adanya kerja sama ini kapasitas logistik kita akan bertambah 2,5 – 3 kali dari posisi sekarang memuat 3.300 pallet position (cold dan dry). Maka nanti akan menjadi 10.000-an. Di Indonesia tidak banyak industri cold storage yang terintegrasi. Kerjasama ini membuat pola kami akan lebih bagus. Mitsui punya kelebihan lebih bagus di industri distribusi dan logistik,” ujarnya.

CEO PT Sekar Laut Tbk John Gozal, menambahkan, dalam kerjasama ini nanti pihak Mitsui & Co Jepang juga akan menyertakan modal baru. Namun dia enggan menyebutkan berapa besar nilanya dan berapa persen saham PT Pangan Lestari yang akan diambil.

Yang pasti masuknya Mitsui & Co akan semakin memperkokoh posisi Pangan Lestari sebagai salah satu perusahaan logistik dan distribusi makanan olahan beku di Indonesia. “Nilainya belum bisa kami sebutkan karena masih ada pembicaraan lebih lanjut. Yang jelas kami (Sekar Group) masih jadi pengendali. Hanya saja, nanti Mitsui juga akan menempatkan perwakilannya di manajemen,” ungkapnya.

Pangan Lestari sendiri merupakan perusahaan yang mendistribusikan berbagai produk makanan, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga produk makanan beku, kepada pengecer besar, restoran, hotel, dan pelanggan lainnya di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan rantai logistik suhu ruang dan pendingin yang kuat.

GM of Retail Department Mitsui & Co, Ltd, Mitsuhiro Goto, mengatakan, kerjasama ini dilakukan karena Indonesia memiliki potensi market yang besar dan akan berkembang ke depan. Sekar Group merupakan salah satu perusahaan makanan olahan beku yang sudah teruji.

Sebab itu, pihaknya berani melakukan investasi di Indonsia dengan menjalin kerjasama dengan Sekar Group. Kerja sama dibidang cold storage ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Mitsui & Co. Ltd di kawasan ASEAN. Sebelumnya, pihaknya sudah ekspansi di Amerika, Tiongkok dan India.

“Dengan penduduk 270 juta, kami percaya pasar di Indonesia akan terus berkembang. Apalagi kelas middle juga berkembang. Pengalaman kami di Amerika, China dan India akan kami bawa kesini. Saat ini bisnis makanan olahan beku berkontribusi sekitar 40 persen di Mitsui & Co,” pungkasnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *