BisnisPeristiwa

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Dorong Penjualan Mobil, Astra Financial Optimis

182
×

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Dorong Penjualan Mobil, Astra Financial Optimis

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Astra Finansial sebagai salah satu perusahaan finansial yang berkomitmen membantu masyarakat untuk memiliki kendaraan impian kembali hadir di event GIIAS Surabaya 2024 yang dihelat di Grand City Convex Surabaya mulai Rabu (28/8/2024) hingga Minggu (1/9/2024).

Project Director Astra Financial GIIAS 2024, Tan Chian Hok mengungkapkan Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta memiliki potensi pasar otomotif yang sangat besar, bahkan sejuah ini menyumbang sekitar 10% terhadap kinerja penjualan otomotif nasional.

“Artinya, dari Januari 2024 Surabaya memberikan market sekitar 42 ribu kendaraan. Ini adalah situasi yang baik bagi perekonomian nasional. Sebagai kilas balik dari GIIAS Surabaya di tahun lalu, kita membukukan Rp 463 miliar, sehingga harapan kami di tahun 2024 ini mampu membukukan pendapatan yang lebih besar lagi,” ujarnya disela pembukaan GIIAS Surabaya 2024, Rabu (28/8).

Optimisme tersebut karena event GIIAS Surabaya kali ini lebih besar cakupan wilayahnya. Area pameran juga lebih luas dan keikutsertaan industri otomotif di tanah air juga kian banyak. Apalagi saat ini pasar otomotif tengah menanjak dan sebagian besar pembelian melalui kredit.

Keyakinan itu juga didasari kondisi ekonomi Jawa Timur yang tumbuh positif yakni 4,98% pada Triwulan-1 2024. Perekonomian provinsi ini berkontribusi lebih dari 25% terhadap perekonomian Pulau Jawa.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin menambahkan bahwa Jatim memiliki potensi besar di industri otomotif. Karena itulah, kehadiran Astra Financial diharapkan dapat membantu konsumen di Surabaya dan kota besar lain di wilayah Provinsi Jawa Timur dalam mewujudkan mobil impian mereka.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono. Disebutkan, pertumbuhan Provinsi Jawa Timur sangat impresif dan berada di puncak tertinggi se-Pulau Jawa. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, Ekonomi Jawa Timur pada triwulan II 2024 tumbuh positif 2,87 persen (q-to-q), atau sebesar 4,98% (y-on-y), dan 4,9% secara kumulatif. “Kami optimis capaian ini akan mendorong Jawa Timur menjadi provinsi yang lebih maju, lebih hebat dengan ekonomi lebih kuat,” katanya.

Selaras dengan itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Erwin Gunawan Hutapea memperkirakan, perekonomian Jawa Timur pada tahun ini tumbuh positif. Ia memperkirakan bisa tumbuh 4,7% hingga 5,5% (yoy) dengan motor utama investasi dan konsumsi.

Ekonom Asian Development Bank (ADB) Arief Ramayandi memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh pada level 5% pada 2024 dan 2025. Menurut dia, permintaan dalam negeri menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi karena akan menghilangkan dampak negatif dari ekspor neto Indonesia yang masih tertekan.

Suparno Djasmin melanjutkan, nilai transaksi yang dicapai Astra Financial di GIIAS terus meningkat. Pada tahun 2022, nilai transaksi di GIIAS Surabaya sebesar Rp 315 miliar. Kemudian di GIIAS Surabaya 2023 sebesar Rp 457 miliar. Sedangkan di GIIAS Tangerang 2022 sebesar Rp 1,55 triliun, tahun berikutnya sebesar Rp 2,38 triliun, dan GIIAS tangerang 2024 senilai Rp 2,53 triliun atau naik 4,7% dari tahun sebelumnya.

Ia yakin di rangkaian GIIAS 2024, Astra Financial bisa mencetak transaksi lebih tinggi dari tahun lalu, atau minimal serupa dengan GIIAS 2023. Apalagi melihat proyeksi positif dari Pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5 persen. Termasuk proyeksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di mana ada peluang pertumbuhan pembiayaan kendaraan sebesar 9-11%.

Optimisme itu juga didukung pencapaian kinerja Astra Financial yang makin menguat. Tercatat pada Kuartal 1 2024, laba bersih Astra Financial naik 12% senilai Rp 2,1 triliun dibanding periode yang sama tahun lalu senilai Rp 1,8 Triliun.

Suparno menjelaskan, pada GIIAS Surabaya 2024, pihaknya memberikan promo pembelian mobil dengan special rate dari 0,67% untuk tenor 1 tahun, 2,67% untuk tenor 2 dan 3 tahun, 4,67% untuk tenor 4 dan 5 tahun, dan 6,67% untuk tenor 6 tahun, serta promo potongan dari FIF GROUP untuk pembiayaan motor.

Astra Financial juga memberikan hadiah langsung asuransi mobil 1 tahun untuk pembelian mobil secara tunai dengan polis asuransi 1 tahun dari Garda Oto. Konsumen juga dapat menikmati berbagai promo menguntungkan lainnya. (q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *