Jatim RayaOlahragaPeristiwa

Run The City Surabaya Lewati Kawasan Ikonik di Kota Pahlawan

417
×

Run The City Surabaya Lewati Kawasan Ikonik di Kota Pahlawan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gelaran Run The City (RTC) Surabaya diikuti seribu pelari. Ajang fun run kolaborasi antara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan Harian Kompas ini merupakan rangkaian menuju LPS Monas Half Marathon 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 30 Juni 2024 mendatang.

Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto mengatakan Run The City Surabaya merupakan salah satu bentuk sosialisasi LPS kepada masyarakat. Sosialisasi ini dibutuhkan agar masyarakat semakin paham fungsi LPS sehingga masyarakat tidak ragu lagi menabung di bank, karena ada LPS yang siap menjamin simpanan jika bank dicabut izin usahanya. “Jangan lupa dengan slogan LPS, Ku Aman Ada LPS,” katanya.

Pemilihan Kota Surabaya sebagai salah satu lokasi ini juga bukan tanpa alasan. Sebab, salah satu kantor perwakilan LPS beru saja diresmikan 29 Mei 2024 lalu di Surabaya.”Sehingga apa? Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa LPS hadir kepada masyarakat Surabaya khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya. Kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat untuk menyampaikan program-program penjamin simpanan,” terangnya.

Menempuh jarak sekitar 5 km, ajang RTC Surabaya dimulai dari titik start di Beranda Pakuwon Tower di Jalan Embong Malang di Surabaya pusat, kemudian finish di Tugu Pahlawan. Menariknya, peserta diajak untuk menyusuri sejumlah tempat ikonik di Kota Pahlawan, di antaranya Kota Tua di Jalan Rajawali.

Bagi penyelenggara, ajang ini turut menghadirkan suasana baru bagi peserta. Sekaligus, menjadi salah satu promosi wisata di Surabaya. “Antusiasme peserta sangat luar biasa. Di Medan, Makassar, hingga Surabaya masing-masing diikuti sekitar 1.000 peserta. Sebenarnya, yang daftar sangat besar namun kami batasi hanya sampai 1.000 Peserta saja,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur M. Ali Kuncoro, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan, hingga Anggota DPR RI Indah Kurnia. Ali Kuncoro secara khusus berharap acara tersebut bukan kali terkahir dilakukan.

“Ini sesuatu yang luar biasa antara Kompas bersama LPS. Ini sejalan dengan program pemerintah mewujudkan Indonesia Bugar di 2045. Ini bagian mengampanyekan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga melalui even lari. Kami harap ini bisa masuk dalam kalender even tahunan. Ke depan, LPS bersama Kompas bisa meningkatkan peserta even bergengsi di Jawa Timur menjadi half marathon atau bahkan full marathon,” katanya.

Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo mengatakan bahwa Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas Half Marathon. “Yang mana, tahun ini diadakan di empat kota di Indonesia yaitu Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta. Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon yang digelar di Jakarta pada 30 Juni kepada pelari di Indonesia,” katanya. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *