Arumi Bachsin: Family Quality Time Kunci Sukses untuk Anak

NGANJUK (Suarapubliknews) – Orang tua diminta memperhatikan tumbuh kembang anak. Salah satunya melalui family quality time.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin, melalui family quality time akan membuat anak lebih percaya kepada orang tua. Lebih dari itu, anak akan memiliki kedekatan emosi dengan orang tua.

“Anak juga akan merasa dicintai, berharga, dipercaya serta mampu mengembangkan interaksi sosialnya,” ungkapnya, Selasa (3/12/2019).

Dalam workshop yang digelar di pendapa Kabupaten Nganjuk itu, Arumi menyatakan family quality time bakal menjadi kunci sukses bagi anak. Langkah ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Menurutnya, family quality time bukan sekadar berkumpul, melainkan kegiatan harus dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan. Tujuannya, adalah seluruh anggota keluarga merasa bahagia dan nyaman.

Maka itu, salah satu faktor kunci sukses family quality time adalah memilih waktu yang tepat. “Manfaatkan waktu dan berikan kesan dan mudah diingat sehingga memberikan perasaan bahagia,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, cara berkomunikasi juga menjadi kunci sukses berikutnya. Melalui pola komunikasi yang efektif, akan memberikan perasaan nyaman. Tidak hanya sekadar memuji, tetapi juga memberikan umpan balik agar komunikasi berjalan secara berkualitas.

Meski demikian, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ini juga mengatakan ada tantangan yang harus dihadapi. Yakni kesibukan orang tua bekerja dan kecanduan terhadap teknologi.

Umumnya, faktor pekerjaan yang dilakukan orang tua membuat family quality time tidak bisa dilakukan. Di sisi lain, kebersamaan juga terganggu dengan sama-sama kecanduan gadget atau handphone. (q cox)

Reply