Begini Penyambutan Atlet dan Peninjau Asian Games di Palembang

PALEMBANG (Suarapubliknews.net) – Meski pembukaannya masih dua hari lagi (18/8/2018), namun suasana pesta olahraga Asia 2018 sudah terasa sejak menginjakkan kaki di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, yang merupakan pintu gerbang Kota Palembang.

Sejumlah petugas penyambutan dengan dress code khusus berlogo Asian Games 2018, telah siap beberapa hari lalu untuk menyambut siapapun dengan tujuan apapun yang landing di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Sambil berucap selamat datang, para petugas ini berusaha berkomunikasi dengan seluruh penumpang yang baru datang, bahkan memberikan layanan foto bersama muda-mudi yang mengenakan baju adat.

“Selamat datang di Kota Palembang, kalau mau berfoto silahkan, gratis kok, sini-sini saya bantu mengambil gambarnya dari ponsel bapak,” ucap Nitha salahsatu petugas penyambut di bandara, kepada penumpang yang baru saja landing,. Kamis (16/8/2018)

Penasaran, media ini berusaha mengajak bincang-bincang santai dengan Nitha, untuk mengetahui seputar petugas penyambutan seperti dirinya. Wanita berhijab dengan paras cantik ini ternyata anggota Polwan dengan pangkat Brigade.

“Kalau kami ini kebetulan dari anggota (TNI dan Polri), tetapi ada juga beberapa petugas seperti kami ini yang direkrut dari elemen masyarakat, tugas kami memberikan info yang dibutuhkan terutama para Atlet asal domestik dan manca negara, namun juga kepada wisatawan,” jelas Nitha dengan senyumnya yang renyah.

Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games 2018 sudah tiba di Palembang, Sumatera Selatan, sejak kemarin atau tiga hari sebelum pembukaan.

Atlet mulai berdatangan mengisi wisma atau penginapan atlet sejak Jumat (10/8/2018). Para atlet itu di antaranya berasal dari Thailand, Korea Selatan, Nepal, Hong Kong, India, Iran, Maladewa, dan Jepang.

Wisma atlet di kompleks olahraga Jakabaring Sports City secara bertahap mulai kedatangan atlet yang akan bertanding di ajang Asian Games 2018 yang akan berlangsung 18 Agustus – 2 September 2018.
Selain sudah mulai menginap dan berlatih, para atlet dan delegasi negara-negara kawasan Asia peserta ajang olahraga tersebut sudah mulai memanfaatkan jasa pelayanan cuci pakaian gratis yang disediakan panitia di wisma atlet, kata petugas wisma atlet.

Untuk diketahui, Asian Games 2018 (Pesta Olahraga Asia 2018), secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

Penyelenggaraannya berada di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten.

Adapun jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. (q cox)

Reply