Bisnis Kopi Menjanjikan, Toffin Sasar Kota Kota Kecil

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Kopi menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan di masa akan datang, khususnya di Indonesia tak hanya sebagai Exportir, konsumsi kopi setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini pula yang mendorong tumbuhnya penjualan mesin kopi dan equipmennya.

Direktur Toffin Indonesia Jatim, Aris Kristanto disela pengenalan Mythos 2 yang mendatangkan 2014 World Barista Champion, Hidenori Izaki mengatakan tak hanya di kota – kota besar, bisnis kafe pun mulai merambah kota kecil.

“Sebagai contoh salah satu produk Victoria Arduino Black Angel mesin kopi untuk specialty coffee seperti yang dipakai di TGC Coffee ini ternyata sudah ada yang pakai di Kudus. Ini artinya mereka sudah teredukasi mengenai kopi dan cara menikmatinya. Apalagi di daerah kompetisi belum terlalu ketat,” katanya.

Diakui, hingga ini 80-90% penjualan mesin kopi khususnya masih untuk pasar kafe shop menengah. “Tak banyak kafe yang mengkhususkan specialty coffee, sehingga brand seperti Nouva Simonelli masih menjadi pilihan,” terang Aris.

Executive Sales Toffin Surabaya, Omar Siarief menambahkan untuk di Jawa Timur sendiri 70 % penjualan masih dikuasai pembelian bahan baku untuk coffee shop. Sedangkan untuk mesin kopi dan equipmennya sebagian besar new customers.

“Untuk bahan baku sebagian besar adalah repead order. Namun untuk mesin tidak menutup kemungkinan customer melakukan pembelian kembali untuk kafe keduanya. Seperti seorang klien saya yang membeli Victoria Arduino Black Angel setelah sebelumnya mesin yang sama,” tambahnya.

Sebagai agen tunggal pemegang 20 merek mesin dan peralatan kopi, Toffin Indonesia menjadi One stop solution bagi pelanggannya. “Kami tidak hanya menjual tapi juga ada tranning barista standar, menu development sampai after sales service center,” lanjut Aris.

Dalam kesempatan pengenalan Mythos 2, Toffin Indonesia mengadirkan Hidenori Izaki untuk berbagi langsung pengalaman dan keistimewaan Grinder terbaru dari brand Simonelli. “Tak hanya menghasilkan konsistensi, grinder ini juga dapat memberi kesempatan barista lebih mengexplore kopi yang akan disajikan,” papar Technical Consultant Simonelli ini.

Saat ini Toffin Indonesia sudah ada di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makasar, Banjarmasin, Medan, Semarang, Pontianak dan Pekanbaru. “Kami sudah expansi ke Singapura dan akhir tahun ini akan buka di Yogyakarta,” tandas Aris. (q cox, Tama Dinie)

Reply