Hukrim

Dua Kali Batal, Kasus Ahmad Dhani Bakal Dilimpahkan Besok

15
×

Dua Kali Batal, Kasus Ahmad Dhani Bakal Dilimpahkan Besok

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Rencana pelimpahan tahap II (pelimpahan tersangka beserta barang bukti, red) kasus informasi dan transaksi elektronik (ITE) yang melibatkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka batal dilimpahkan penyidik Polda Jatim ke Jaksa Peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Rabu (16/1/2019).

Penundaan ini merupakan kali kedua, yang sebelumnya dijadwalkan pada Senin (14/1/2019) lalu dijadwal ulang pada Rabu (16/1/2019) hari ini, dan ternyata jadwal itupun juga belum terealisasi.

Hal ini dibenarkan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung saat dikonfirmasi, Rabu (16/12019).

“Menurut keterangan penyidik, pelaksanaan ditunda lagi. Tanya ke Polda Jatim saja lebih jelasnya. Karena surat pengantar dari penyidik menerangkan bakal dilakukan tahap II namun tidak dicantumkan kapan pelaksanaannya. Namun saya yakin, tidak lama lagi, dan pelaksanaannya di Kejari Surabaya,” terang mantan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Babel ini.

Terpisah, Kepala Kejari Surabaya M Teguh Darmawan, membenarkan bahwa pihaknya yang bakal mengurusi pelimpahan tahap II kasus pentolan grup band Dewa 19 ini. Teguh pun memastikan, pelaksanaan tahap II bakal dilakukan esok hari, Kamis (17/1/2019).

“Besok jam 9.00 WIB bakal dilaksanakan tahap II kasus tersebut. Seksi Pidana Umum (Pidum) yang bakal mengurusinya,” beber Teguh, Rabu (16/1/2019).

Terpisah Indrawansyach SH, CIL, kuasa hukum Ahmad Dhani mengaku pihaknya sudah mendengar informasi terkait rencana pelaksanaan tahap II tersebut. “Sudah (mengetahui, red) dan Insyaallah mas Dhani hadir. Hingga sore ini kita sudah berkoordinasi,” ujar Indra saat dikonfirmasi, Rabu (16/1/2019).

Ditambahkan Indra, pihaknya bakal kooperatif mengikuti prosedur hukum yang ada. Disingung soal adanya dua kali penundaan jadwal, Indra mengaku sebelumnya pihaknya baru mendapatkan pemberitahuan dari pihak penyidik pada Senin (14/1/2019) sore hari.

“Kami tim kuasa hukum baru mendapat surat panggilan hari sudah sore, sedangkan untuk rencana yang hari ini (kemarin, red) saya malah tidak tahu. Kita konfirmnya ya besok Kamis itu pelaksanaannya,” terangnya.

Rencana tahap II ini dilakukan setelah berkas perkara Dhani dinyatakan sempurna (P21) oleh Jaksa Peneliti Kejati Jatim beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kepala Kejati Jatim Sunarta saat ditanya terkait adanya wacana penahanan yang dilakukan pihaknya, Sunarta mengaku akan membahas lagi perihal tersebut. Karena sebelumnya, oleh penyidik Polda Jatim, tidak dilakukan penahanan terhadap Dhani. Alasanya karena pasalnya tidak ditahan.

“Kalau dari pasal yang dipersangkakan, tidak memungkinkan untuk ditahan. Karena pasalnya ancaman hukuman pidananya maksimal tiga (tiga) tahun,” tegasnya.

Sunarta menambahkan, pihaknya akan membahas lebih lanjut perihal adakah penahanan atau tidak. Setelah dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti, Sunarta memastikan

“Kalau sudah diserahkan ke kita (tahap II), tinggal masuk ke penuntutan dan segera disidangkan,” pungkasnya.

Ahmad Dhani sebelumnya dilaporkan ke Polda Jatim karena telah berkata tidak pantas melalui video yang diunggah dan tersebar di media sosial. Di dalam video itu dia tampak mengeluarkan kata “idiot” yang diduga merendahkan salah satu ormas agama ketika ketika aksi 2019 ganti presiden beberapa waktu lalu.

Musisi ini disangka telah melanggar Pasal 45 ayat 3 Jo Pasal 25 ayat 3 IND Nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik. Dia disangka telah memanfaatkan ITE untuk menyebarkan kebencian kepada seseorang maupun kelompok tertentu. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *