Dukung Sikap Tegas Erick Thohir, Ksatria Airlangga: Bersih-Bersih BUMN Harus Dimulai dari Pimpinan

JAKARTA (Suarapubliknews) – Komunitas Ksatria Airlangga mendukung penuh sikap tegas Menteri BUMN Erick Thohir yang memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Pemecatan ini merupakan buntut upaya penyelundupan barang mewah berupa onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton dengan menggunakan pesawat Garuda yang baru Airbus A300-900 Neo yang terbang dari Toulouse, Prancis.

“Tindakan Menteri BUMN sudah benar. Upaya bersih-bersih di lingkungan BUMN memang harus dimulai dari para pucuk pimpinan perusahaan yang terbukti menyalahgunakan kewenangannya,” tegas deklarator Ksatria Airlangga Heru Hendratmoko (5/12/2019), di Jakarta.

Menurut Heru, upaya penyelidikan terhadap masalah ini tak boleh berhenti pada Ari Askhara saja, melainkan harus berlanjut ke jajaran direksi dan karyawan lain. Pasalnya, dalam rombongan, selain Ari dan istrinya, ikut juga antara lain Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan) dan istrinya Etty Rasfigar, Mohammad Iqbal (Direktur Kargo & Pengembangan Bisnis), Heri Akhyar (Direktur Human Capital), Nova Wijayanti P (Aircraft Maintenaince Planner Garuda Indonesia), Satyo Adi Swandhono (Senior Manager Air Craft Garuda) dan Lokadita Sedimesa Brahmana.

“Semua yang terlibat dan bersekongkol harus dikenai sanksi berat,” lanjut Heru.

Koordinator Ksatria Airlangga Teguh Prihandoko dari Surabaya juga menyerukan hal serupa.

“Dalam situasi ekonomi yang cukup berat seperti sekarang, para pucuk pimpinan BUMN harus benar-benar menunjukkan profesionalisme dan integritas yang tinggi. Tidak boleh ada ruang untuk main-main. Mereka yang tidak profesional dan tidak memiliki integritas, ya harus dipecat,” kata Teguh.

Sebagai salah satu motor penggerak perekonomian nasional, Ksatria Airlangga melihat posisi BUMN memiliki peran strategis. Kompetisi dalam skala global makin ketat. Untuk itu dibutuhkan para profesional yang tidak hanya pintar dan trampil, tapi juga memiliki sikap jujur dan tidak memamerkan gaya hidup yang berlebihan.

Komunitas Ksatria Airlangga adalah forum alumni Universitas Airlangga yang pada 11 Januari 2019 mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan capres/cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin. (q cox)

Reply