Nasional

Gubernur Kalsel Minta Mayarakat Tanah Bumbu Lestarikan Budaya Lokal

15
×

Gubernur Kalsel Minta Mayarakat Tanah Bumbu Lestarikan Budaya Lokal

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menggelar acara turun ke Desa (Turdes) part IV bersama Forkominda Kalsel ke berbagai Desa.

Setibanya di Kabupaten Tanah Bumbu rombongan Gubernur langsung disambut kerumunan warga Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir Sabtu (10/03/18).

Warga Desa yang menyambut orang nomor 1 di Bumi Antasari itu bertepatan diadakannya final lomba Balogo se Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam lomba permainan tradisional itu turut mengundang rasa bangga maupun decak kagum suami dari Hj. Raudhatul Jannah tersebut.

Dimata Sahbirin, permainan itu tampak semarak disaat warga mengikuti, dan sangat beralasan lagi, hampir semua lingkungan yang ada di kota Pagatan itu memiliki arena permainan Balogo.

“ini menandakan perhatian masyarakat disini cukup tinggi terhadap permainan Balogo. Ini juga bentuk pelestarian budaya serta kecintaan terhadap kearifan lokal yang harus kita junjung bersama,” kata Sahbirin saat membuka Final Balogo se Kabupaten Tanah Bumbu.

Dia berharap permainan tradisional ini jangan sampai punah, tentu harus ditularkan kepada generasi berikutnya.

Sementara itu, kegiatan dihadiri Plt. Sekretaris Daerah Ir.H.Erno Rudi Handoko, Camat Kusan Hilir Dewi Murni serta sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Tanbu.

Kegiatan dirangkai dengan pemberian sembako dari Dinas Sosal Pemprop Kalsel kepada sejumlah peserta PKH di Kab.Tanbu. (q cox, Imran)

Para juara balogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *