Gus Ipul Terlibat di Aksi Nyampah Ga Berkah, Plastik Tak Asik

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Seperti yang diberitakan sebelumnya, digelarnya aksi “rampok tas kresek” yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Hotel dan Media Jawa Timur (FKHM) Jatim dan Komunitas #bicaraSurabaya dengan dukungan Pemkot Surabaya, karena didasari rasa kecewa terhadap masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan tas kain sebagai pengganti tas kresek.

Acara sosial ini digelar di area Car Free Day Raya Darmo Surabaya dan Kebun Binatang Surabaya, dan sasarannya adalah para pengunjung yang masih tampak menggunakan tas kresek sebagai sarananya, dengan moto “Nyampah Ga Berkah, Plastik Tak Asik”.

Kegiatan ini spontan mendapatkan sambutan positip dari Wakil Gubernur Bapak Saifullah Yusuf yang akrab di panggil Gus Ipul. Gus Ipul menuturkan bahwa, kepedulian tentang Lingkungan ini sangat penting sekali, lantaran jumlah manusia di bumi ini semakin banyak dan buminya tetap.

“Kalau kita tidak peduli dengan lingkungan kita sendiri, maka bumi ini semakin tidak nyaman sebagai tempat tinggal kita. Ini kegiatan penting untuk mengedukasi masyarakat untuk biasa hidup bersih. Karena manusia semain banyak dan bumi tetap, sayang kalau tidak diterapkan. Seperti hotel itu selalu dengan lingkungan yang bersih harus terus dilaksanakan.” tutur Gus Ipul. (3/4/2016)

Lokasinya, berawal dengan memungut sampah di area Car Free Day Raya Darmo Surabaya dan di akhiri dengan menukar tas kresek dengan tas kain di area Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Kegiatan ini membawa pesan moral kepada masyarakat untuk peduli dengan kebersihan lingkungannya serta mengurangi penggunaan tas plastik terutama tas kresek, sehingga diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan.

Menurut Awang ketua panitia FKHM FUN WALK 2016, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pada program pemerintah untuk mengurangi tas kresek di masyarakat.

“Kami di dukung oleh kurang lebih 40 Hotel dan beberapa media yang menyediakan lebih dari 1000 tas kain untuk ditukar dengan tas kresek yang dibawa oleh pengunjung KBS.” tutur Awang yang merupakan PR Hotel Zoom Surabaya.

Selain menggelar razia tas kresek, FKHM Jatim juga mengajak, mengedukasi dan memberikan santunan kepada 50 anak panti asuhan Khusnul Yaqin Sidoarjo, serta menikmati fasilitas di Kebun Binatang Surabaya. (q cox)

Reply