Hari ini, Dua Paslon Pilgub Jatim Jalani Tes Kesehatan Psikologi

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Sehat jasmani dan rohani menjadi persyaratan pokok bagi para pasangan calon (paslon) Pilgub Jatim. Untuk itu, KPU Jatim menggelar tahapan tes kesehatan menjadi dua tahap, yakni tes kesehatan psikologi dan medical check up.

Tes kesehatan psikologi dilaksanakan hari ini Kamis (11/1/2018), sejak mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB, di di RSU dr Soetomo. Sedangkan medical check up akan dilaksankan besok Jumat (12/1/2018).

Dua paslon Pilgub itu adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Pasangan Khofifah-Emil diusung Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Hanura (2 kursi), NasDem (4 kursi), PPP (5 kursi), PAN (7 kursi), dan PKPI (non-kursi).

Sementara Gus Ipul-Puti diusung PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), Gerindra (13 kursi), dan PKS (6 kursi). “Besok ada lagi. Mungkin besok agak lama ya, karena agak detail,” kata Khofifah usai menjalani tes.

Si Bunda Muslimat NU ini juga mengaku tak ada persiapan khusus untuk tes besok. Hanya saja dia harus puasa selama 12 jam.

“Nggak lah (ada persiapan). mungkin harus puasa ya, 12 jam gitu aja. Aku ini kan tulkang ngopi, jadi harus distop mulai jam delapan (20.00 WIB) gak boleh ngopi,” akunya.

Beberapa menit setelah Khofifah-Emil menjalani tes tulis dan wawancara, giiran pasangan Gus Ipul-Puti keluar ruangan. Gus Ipul mengaku tes yang dijalaninya hari ini, tidak jauh beda dengan Pilgub-Pilgub yang pernah diikutinya sebelumnya.

Karena seperti diketahui, di dua Pilgub sebelumnya (2008 dan 2013), Gus Ipul merupakan Cawagub dari Soekarwo yang berhasil memenangkan dua edisi Pilgub tersebut.

“Kalau tesnya sama saja, Cuma yang sekarang lebih rinci,” aku Gus Ipul.

Selanjutnya, setelah Khofifah dan Gus Ipul menyelesaikan tesnya, giliran Emil Dardak menyelesaikan soal-soal yang diajukan pada tim dokter RSU dr Soetomo. Kemudian disusul Puti yang menyelesaiakan tesnya sekitar pukul 13.30 WIB. (q cox)

Reply