NasionalPeristiwaPolitik

Hasil Survei Republic Institute Sebut Dapil Surabaya-Sidoarjo Bakal Loloskan 10 Caleg DPR RI

4675
×

Hasil Survei Republic Institute Sebut Dapil Surabaya-Sidoarjo Bakal Loloskan 10 Caleg DPR RI

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Hasil survei yang dilakukan The Republic Institute menyebutkan, jika untuk Pemilu 2024 di daerah pemilihan Jawa Timur I (Dapil Jatim I) mengungkap 10 nama calon anggota legislatif (Caleg) yang diprediksi lolos DPR RI. Menariknya, caleg bersatus incumbent mendominasi 10 kuota kursi DPR RI dari Jatim I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Sedang mereka yang berpotensi terpilih menjadi anggota DPR RI dari Jatim I diantaranya Bambang DH dan Puti Guntur Soekarno (PDIP). Kemudian Adies Kadir (Golkar); Arzeti Bilbina dan Syaikhul Islam (PKB); Sigit Soesiantomo (PKS); Bambang Haryo (Gerindra); dan Lucy Kurniasari (Demokrat).

Dalam rilisnya, The Republic Institute mencatat bahwa PDIP dan PKB sama-sama mendapat 2 kursi. Kemudian Partai Golkar (1 kursi), Partai Gerindra (1 kursi), Partai Demokrat (1 kursi), Partai Nasdem (1 kursi), PKS (1 kursi) dan PAN (1 kursi).

“Yang menarik disini adalah Bambang Haryo (Caleg Partai Gerindra, red), karena nilai elektabilitas
sebagai non incumbent dapat mengalahkan incumbent di Partai Gerindra (Rahmat Muhajirin, red),” kata Dr. Sufyanto, peneliti utama The Republic Institute dikutip Rabu, 24 Januari 2024.

Lantas, bagaimana hitungan mereka mendapatkan kursi DPR RI pada Pemilu 2024? Sufyanto menjelaskan berdasarkan hasil tersebut tidak lepas dari perolehan suara parpol yang lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I.

Dari hasil penelitian di Dapil Jatim 1 untuk pilihan calon legislatif DPR
RI, elektabilitas tertinggi masih diduduki oleh PDIP (23,9%). Disusul PKB (17,8); Gerindra (13,3%) dan Golkar (13,1%).

Selanjutnya Demokrat (6,1%); NasDem (5,6%); PKS (5,3%%); PAN (5,0%); PSI (3,1%) dan PPP (1,3%).

“Selebihnya partai peserta pemilu
lainnya masih di bawah 1 persen dan yang belum menentukan 4,3%,” terang Sufyanto.

Dari hasil survei Republic Institute diketahui Bambang DH memiliki elektabilitas (tingkat keterpilihan) paling tinggi di Pemilu 2024 di Dapil Jatim I. Mantan Walikota Surabaya itu mendapat suara 15,3 persen.

Kemudian koleganya di PDIP, Puti Guntur Soekarno dengan elektabilitas 12,5 persen. Disusul caleg incumbent Partai Golkar Adies Kadir (11,6 persen.

Selanjutnya Bambang Haryo Soekartono dari Gerindra) (11,0 persen); Arzeti Bilbina (9,7 persen), Syaikhul Islam (9,0 persen); Sigit Soesiantomo (3,3 persen); dan Lucy Kurniasari (2,9 persen).

Hasil survei ini sekaligus menguatkan argumentasi jika Jatim I (Surabaya dan Sidoarjo) menjadi ‘dapil neraka’.

Untuk diketahui, survei Caleg DPR RI di Dapil Jatim 1 meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo ini dilakukan The Republic Institute pada 1-8 Januari 2024. Riset ini dilakukan dengan jumlah sampel 2.001 secara menyeluruh di Dapil DPR RI Jatim 1 dengan metode pengambilan sampel secara multistage random sampling, dengan Margin of Error (MoE) sebesar 2,19%. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *