Ibu Kota Negara Pindah, Tim Sekneg dan Bappenas Condong ke Wilayah Tanah Bumbu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Saat ini, ternyata Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) Kalimantan Selatan (Kalsel) juga disebut-sebut menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi alternatif sebagai Ibu kota Negara Republik Indonesia menggantikan Jakarta.

Betapa tidak, dari hasil kajian, wilayah Kalimantan Tengah (Palangkaraya-red) yang saat ini santer dikabarkan bakal menjadi Ibu Kota Negara RI ternyata masuk kategori tidak layak, karena lahannya dipenuhi gambut, mudah banjir dan tidak tahan gempa.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, masih memiliki struktur tanah yang keras, tahan gempa dan sangat jauh dari ancaman banjir. Oleh sebab itu Tanbu bisa dianggap sebagai wilayah yang lebih layak untuk menjadi Ibukota Negara R I.

Rencananya Tim dari Sekneg/Bappenas akan berkunjung ke Tanbu pada Rabu (12/7/2017) untuk meninjau langsung seperti apa wilayah hasil pemekaran Kabupaten Kotabaru ini.

Kepala Bappeda Tanbu Rachmadi Rachman ketika dikonfirmasi dikantornya pada senin (10/7/2017), mengatakan bahwa terkait kedatangan Tim bertujuan untuk melakukan kajian lokasi dan kelayakan wilayah untuk menjadi Ibukota Negara.

“Tim ini telah melakukan kajian di Kalteng dan hasilnya masih kurang layak untuk menjadi Ibukota Negara, oleh sebab itu dicari alternatif lain yakni Tanbu Kalsel ini,” sebutnya.

Ditanya soal kehadiran Tim dari mana saja, Rachmadi menjelaskan bahwa Tim terdiri dari Kementrian Sekretaris Negara, 2 orang eselon 1, dan 5 orang lainnya.

“Mereka akan melakukan kajian terhadap kelayakan Tanbu untuk menjadi Ibukota Negara”bebernya.

Saat ditanya apakah Tanbu layak menjadi Ibukota negara ? Rachmadi menampik untuk menjawab, dengan menyampaikan alasan bahwa hal itu tergantung dari hasil peninjauan Tim. “Terserah, yang jelas Tanbu sangat layak,” jawabnya.

Sementara menurut Ketua LSM LINTAH Rudi Hartono, bahwa Tanbu sangat  layak untuk menjadi Ibukota Negara R I karena secara geografis Tanbu memiliki pasilitas infrastruktur jalan yang sudah tersambung antar propinsi, selain itu Tanbu juga memiliki sarana pelabuhan laut yang disandari kapal kapal Pelni dan yang lain lainnya.

“Pada dasarnya sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat kami sangat mendukung wacana pemindahan Ibukota Negara R I ke Tanbu dan saya yakin seluruh masyarakat Tanbu akan mendukungnya”pungkasnya. (q cox, Imran)

Reply