Bisnis

Ini Langkah Strategis ITS Tingkatkan Kualitas Kampus

26
×

Ini Langkah Strategis ITS Tingkatkan Kualitas Kampus

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Tahun 2020 menjadi momentum baru bagi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meningkatkan kualitas kampus di kancah nasional maupun internasional. Oleh karena itu, ITS mempersiapkan langkah strategis periode 2019 – 2024.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan ITS telah mengalami kemajuan yang begitu pesat saat ini. Hal ini dibuktikan dengan naiknya peringkat ITS dalam beberapa publikasi pemeringkatan nasional maupun internasional.

“Salah satunya pada Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings, di mana pada tahun 2019 ITS berada di peringkat 229 region Asia Pasifik. Pada tahun 2020 ini, ITS menembus peringkat 198,” katanya.

Sama halnya di kancah internasional, ITS pada tahun lalu juga mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik Pertama Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“ITS berada di peringkat 4 dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi 2019. Dari lima peringkat tertinggi tersebut, ITS merupakan perguruan tinggi yang termuda,” ucap Ashari bangga.

ITS memiliki tantangan dalam menghadapi kemajuan teknologi yang sangat cepat. Tantangan ini adalah disrupsi robot dan Artificial Intelligence (AI) di dunia kerja yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2030 mendatang.

“Hal tersebut menyebabkan enam juta jenis pekerjaan berpotensi hilang. Menurut Bank Dunia, dua per tiga pekerjaan di negara berkembang akan digantikan oleh robot pintar,” imbuh guru besar Teknik Elektro ini.

Oleh karena itu, lanjutnya, ITS memiliki beberapa inovasi strategis dalam periode 2019 – 2024 untuk menghadapi kemajuan teknologi di masa yang akan datang. Inovasi yang pertama adalah penguatan internal ITS dalam berbagai aspek. Aspek yang menjadi fokus utama adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan membangun ekosistem pendidikan masa depan.

Inovasi yang kedua adalah ITS akan memberikan kontribusi skala nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berperan di lingkungan masyarakat. ITS memiliki beberapa pusat penelitian yang salah satunya adalah Science Techno Park (STP). Pusat penelitian ini difokuskan terhadap empat bidang. Bidang tersebut adalah robotika, otomotif, maritim, dan desain kreatif.

“ITS diharapkan dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita kembangkan ITS untuk lebih maju dan berprestasi dengan semangat baru di tahun 2020 ini,” pungkasnya. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *