Istri Sekkota Surabaya Hadiri Acara Sedekah Bumi di Ngemplak Kelurahan Made

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Hadir di acara Sedekah Bumi Warga Ngemplak Kelurahan Made Kecamatan Sambikerep-Surabaya, istri Sekkota Surabaya (Lis Hendro Gunawan) menjadi tamu istimewa.

Betapa tidak, kehadirin Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) kota Surabaya ini mendapatkan sambutan yang meriah dengan prosesi pengalungan bunga. Bahkan mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan.

Menurut Rofik Ketua RW Ngemplak Kelurahan Made Kecamatan Sambikerep yang juga Ketua penyelenggara acara Sedekah Bumi, kehadiran istri Sekkota Surabaya adalah hasil koordinasi Lurah Made.

“Sebelumnya memang sudah konfirmasi ke pak Lurah (Made) tujuannya ingin tahu, kok masih ada budaya seperti ini di Surabaya, nggak sampai terkikis. Selain itu hadir juga seluruh RW di Kelurahan Made, Pak Lurah, Pak Camat Lakarsantri, Danramil, dan salahsatu anggota dewan,” Ucap Rofik kepada Suarapubliknews.net di kediamannya. Minggu (21/10/2018) malam.

Rofik menjelaskan jika acara Sedekah Bumi merupakan tradisi turun menurun yang diperingati setiap tahun oleh warga Ngemplak, yang didahului dengan agenda berziarah bersama-sama ke punden Mbah Ganti.

“Setelah acara tumpengan, seluruh warga kumpul di balai RW untuk bersama-sama sowan ke punden Mbah Ganti, ini memang adat di warga kami dan sudah bertahun-tahun bahkan turun menurun,” jelas Ketua RW dua periode ini.

Alasan memilih Budaya Tayub dan Ludruk di acaranya, Rofik menerangkan bahwa budaya tersebut merupakan amanah para sesepuh agar tetap menjaga dan melestarikan budaya lokal ini. Sekaligus memberikan hiburan gratis kepada masyarakat.

Adapun tujuan digelarnya acara sedekah bumi, kata Rofik, merupakan wujud rasa sukur warga setempat kepada Alloh (Tuhan YME) atas segala karunianya selama ini.

“Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, atas rejeki, kesehatan dan hasil tanam palawija, meskipun lahan kami mulai sempit,” katanya. (q cox)

Berikut cuplikan rekaman video rangkaian acara Sedekah Bumi:

Reply